Rumor Mesut Ozil ke RANS Cilegon, Ini Kata Dosen Komunikasi Bisnis Unair

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 14 Jan 2022 11:30 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 11:  Mesut Ozil of Arsenal looks on during the Premier League match between Arsenal FC and Wolverhampton Wanderers at Emirates Stadium on November 11, 2018 in London, United Kingdom.  (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Mesut Ozil dikabarkan akan diboyong Raffi Ahmad ke RANS Cilegon FC. Ini analisis dosen komunikasi Unair. Foto: (Getty Images/Clive Rose)
Jakarta -

Rumor aktor Raffi Ahmad berniat memboyong pemain bola internasional Mesut Ozil ke klub sepak bola RANS Cilegon FC beredar. Kabar ini memicu berbagai respons warga, baik yang berharap terwujud maupun menjadi skeptis dengan Raffi Ahmad dan klub bola miliknya tersebut.

Dosen Komunikasi Bisnis Universitas Airlangga (Unair) Dina Septiani, B.Comm, M.Comm.,Ph.D. mengatakan, apabila Raffi Ahmad berhasil mendatangkan Mesut Ozil, maka dapat dipastikan popularitas dan value RANS Cilegon FC akan meningkat.

"Potensi pasar olahraga di Indonesia ini sebenarnya tergolong tinggi. Kedatangan Mesut Ozil, pemain dengan market value yang besar tentu akan berpotensi meningkatkan revenue RANS Cilegon," kata dosen lulusan The Hague University, Belanda tersebut, seperti dikutip dari laman kampus, Jumat (14/1/2022).

Dina menjelaskan, Mesut Ozil yang kini bermain untuk klub Fenerbahce Turki punya nilai pasar sekitar 3,7 juta Euro atau sekitar Rp 60,1 Miliar. Padahal, sambungnya, nilai gaji tersebut lebih kecil 80 persen dari gajinya selama di Arsenal dulu.

Dampak Kabar Mesut Ozil Main di Klub Indonesia

Citra Klub

Dina mengatakan,dalam bidang sport marketing, kehadiran sosok pemain yang berprestasi dapat berdampak pada citra dan nilai klub, tim, hingga markas atau lokasi klub. Ia mencontohkan, sport marketing di Eropa yang kuat mampu menaikkan pamor markas-markas klub sepakbola seperti Stadion Santiago Bernabéu di Spanyol dan Stadion Old Trafford di Inggris.

Sounding

Apabila Raffi Ahmad selaku Presiden RANS Cilegon FC kelak gagal mendatangkan Mesut Ozil, Dina meyakini Raffi akan mencari pemain lain yang setidaknya punya market value setara dengan pemain dunia tersebut.

"Jika nggak bisa Ozil, dia mungkin akan mencari high profile athlete, dalam artian pemain sepakbola lain yang setidaknya sama terkenalnya. Karena salah satu tujuan sounding ini tidak hanya untuk menaikkan performa tim, tapi juga upaya menaikkan daya pikat RANS Cilegon di industri sepakbola Indonesia," jelas Dina.

Jadi, ada berbagai dampak atas kabar Mesut Ozil akan main di RANS Cilegon FC menurut dosen Komunikasi Bisnis Unair. Gimana detikers, apakah menurut kamu pemilik klub sepak bola di Indonesia bisa dan perlu memboyong Mesut Ozil dan pemain kelas dunia ke Indonesia?



Simak Video "Ramai Kabar Mesut Özil Dikabarkan Direkrut RANS Cilegon"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia