Masa Emas! Ini 5 Cara Stimulasi Otak Anak 2 Tahun agar Makin Cerdas

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 11 Jan 2022 13:45 WIB
Educational pastime develop creativity skill in kid concept. Asian mother her small daughter lying on warm wooden floor in sunny cozy living room, mom teach girl paint use album and colourful pencils
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Usia dua tahun merupakan masa keemasan anak, untuk itu orang tua mesti memberikan stimulasi yang tepat agar anak dapat berkembang secara maksimal. Saat anak berusia dua tahun, ada perubahan besar dalam dirinya yang mencakup intelektual, fisik, sosial, dan emosional. Agar hal-hal tersebut dapat berjalan maksimal perlu adanya peran orang tua.

"Tahap usia 2 tahun sampai 3 tahun adalah utama karena bahasa benar-benar mulai berkembang. Anak-anak juga mulai menyadari bahwa mereka adalah makhluk yang mandiri dan secara aktif menjelajahi dunia mereka," ujar psikolog anak dan remaja serta pendiri Child Development, Robert Myers yang dilansir dari laman Hai Bunda.

Stimulasi anak 2 tahun dapat dilakukan dengan proses belajar secara langsung seperti aktivitas yang mengasah bahasa, interaksi, hingga melakukan permainan imajinatif. Stimulasi juga berfungsi untuk merangsang perkembangan otak dan pikiran melalui mainan, buku, musik, dan permainan.

Berikut adalah tips stimulasi anak 2 tahun agar semakin cerdas:

Tips Stimulasi Anak

1. Memilih Mainan yang Tepat

Pilihlah mainan yang tepat sesuai dengan usia anak. Pada usia dua tahun akan semakin aktif sehingga mereka menyukai mainan yang interaktif.

Bunda dapat memberikan mainan balok, bongkar pasang, menyortir, pengenalan bentuk, mainan berkuda, mainan dorong tarik, mainan memukul, dan boneka. Permainan stimulasi menirukan peran seperti dokter-dokteran, polisi, atau memasak juga bisa menjadi pilihan.

Orang tua juga harus meluangkan waktu untuk bermain dengan anak minimal 20 menit per hari.

2. Membaca Bersama Anak

Tips stimulasi anak dua tahun selanjutnya adalah membaca bersama anak. Ada banyak efek positif dari membaca, orang tua dapat melatih anak untuk membaca sejak dini. Jadikan membaca dongeng untuk anak sebagai rutinitas setiap harinya.

Bunda juga dapat mencari tahu mengenai jenis buku apa yang paling sesuai dengan usia anak. Jangan lupa melihat reaksi anak saat dibacakan buku dongen ya, Bunda!

3. Membiarkan Anak Berkreasi

Usia 2 tahun merupakan usia emas, untuk itu orang tua perlu memberikan stimulasi yang tepat salah satunya dengan meningkatkan kreativitas anak. Cara meningkatkan kreativitas anak dapat dilakukan dengan mewarnai, melukis, bermain rumah-rumahan dan minum teh dengan teman imajinasinya.

Selain itu, dapat juga dilakukan membuat barang seperti berkreasi menggunakan tanah liat atau bermain menggunakan permainan rekaan alat peraga.

Nah itulah tiga tips stimulasi anak dua tahun, simak dua tips lainnya di SINI.



Simak Video "Mudik Nyaman dan Aman Bersama Bayi, Gunakan Hal Ini di Mobil Kalian"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia