7 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja dan Bergaji Tinggi Buat Anak IPS

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 10 Jan 2022 08:00 WIB
A young attractive asian woman is interviewing for a job. Her interviewers are diverse. Human resources manager conducting job interview with applicants in office
Ilustrasi intervew kerja/7 jurusan kuliah IPS yang mudah dapat kerja dan bergaji tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Phawat Topaisan
Jakarta -

Perihal memilih jurusan kuliah memang terasa membingungkan bagi sebagian orang. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan jurusan dan kampus yang ada. Hal ini bisa dilatarbelakangi dengan belum mengenal prodi yang sesuai dengan asal jurusan selama sekolah.

Untuk anak IPS, ternyata ada beragam jurusan dengan prospek karier yang menjanjikan di masa depan yang dapat kamu pilih, lho. Deretan jurusan ini bahkan disebut memiliki gaji yang besar bila menengok dari data yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS).

Data menunjukkan memberikan gaji rata-rata nasional untuk berbagai kelompok pekerjaan khususnya pekerjaan yang bergerak di bidang sosial atau pun non eksakta. Untuk lebih jelasnya, yuk simak deretan jurusan ini yang dilansir dari laman Indeed dan laman resmi UNPAS (Universitas Pasundan) berikut,

7 Jurusan kuliah anak IPS yang mudah dapat kerja dan bergaji tinggi

1. Jurusan ilmu komunikasi

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang aktif, cenderung memiliki kegemaran dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, dan juga cakap berbicara. Melalui jurusan ilmu komunikasi, kamu akan dilatih terkait bagaimana cara berbicara, mendengarkan, dan menulis yang baik dan benar.

Prospek kerja bagi lulusan ini biasanya ditemukan pada pekerjaan social media strategist, penyiar, jurnalis, atau pun perusahaan media massa. Menurut data, pekerjaan menjadi seorang social media strategist mendapat tawaran gaji hingga Rp 819 juta.

2. Jurusan administrasi publik

Mengutip Inside College Factual, jurusan ini diperuntukkan bagi siswa yang menyukai gagasan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan publik melalui keterampilan administrasi dan organisasi mereka.

Mata kuliah utama yang akan dipelajari dalam kelas jurusan Administrasi Publik adalah gabungan antara ilmu politik, pemerintahan, kebijakan, hingga sosiologi. Lulusan Administrasi rata-rata mendapatkan gaji sebesar 38,900 USD atau Rp 557 juta di awal karir dan 64,000 USD atau Rp 916 juta di pertengahan karir.

3. Jurusan hubungan internasional

Bagi kamu yang tertarik dengan permasalahan dan dinamika negara-negara di dunia, jurusan Hubungan Internasional jawabannya. Program studi ini melibatkan topik-topik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Jurusan ini termasuk yang paling diminati lulusan SMA. Sebagai contoh di Universitas Indonesia untuk jalur SNMPTN 2020 terdapat 742 pendaftar dengan kuota 11 orang, lalu jalur SBMPTN hanya diterima 16 orang dari 1.627 pendaftar. Adapun dari jalur mandiri dari 3.464 pendaftar hanya diterima 28 calon mahasiswa.

Pekerjaan yang sering ditemukan bagi lulusan jurusan hubungan internasional di antaranya adalah duta besar, diplomat, staf kantor internasional, wartawan, jurnalis, hingga peneliti. Berkarier di bagian Hubungan Internasional luar negeri, tercatat memiliki gaji yang ditawarkan mulai dari Rp 601 juta hingga 1,6 miliar.

4. Jurusan geografi

Jurusan Geografi masuk dalam salah satu jurusan IPS yang memiliki karier menjanjikan. Jurusan ini berfokus pada pembelajaran tentang penggunaan lahan, perubahan lingkungan dan dampak manusia pada ruang, teknologi pelacakan geografis serta pengelolaan lahan dan sumber daya.

Beberapa karier yang bisa diambil oleh lulusan Geografi adalah ahli bumi, GIS Analyst, surveyor, dan lain sebagainya. Untuk seorang GIS analyst, gaji yang diterima dapat berkisar sebesar hingga Rp 920 juta.

5. Jurusan akuntansi

Pilihan jurusan ini cocok bagi kamu yang berminat untuk berkecimpung dalam dunia angka dan perhitungan keuangan. Melalui jurusan akuntansi, kamu juga diajarkan untuk bertanggung jawab, fokus, dan teliti dalam menghadapi masalah.

Prospek kerja bagi lulusan akuntansi tidak hanya terbatas di perbankan, sebab banyak perusahaan akan selalu mencari lulusan akuntansi untuk posisi akuntan. Gaji seorang akuntan sendiri bahkan bisa mencapai kisaran 600 juta hingga 1 miliar rupiah.

6. Jurusan ekonomi

Jurusan ekonomi merupakan jurusan dengan ilmu sosial yang mendasar. Melalui jurusan ini kamu akan fokus pada upaya pengalokasian sumber daya yang terbatas dan memperoleh keuntungan optimal.

Prospek kerja jurusan ekonomi di antaranya adalah ekonomi, juru taksir, pengajar bisnis, akuntan, analis manajemen bisnis, pemeriksa keuangan, pemeriksa dan pengumpul pajak dan agen revenue, pegawai pajak, auditor, dan analis riset operasional.

Untuk gaji bagi orang yang bekerja di bagian keuangan perusahaan luar negeri, data dari Amerika Serikat menyebut dapat mencapai kisaran dari 644 juta rupiah hingga 1 miliar rupiah.

7. Jurusan sosiologi

Jurusan sosiologi mempelajari interaksi dan perilaku manusia sekaligus tentang ras atau etnis, agama, gender, dan penanda sosial lainnya pada masyarakat. Jurusan ini juga banyak mempelajari isu-isu sosial di antara individu, kelompok, komunitas, organisasi dan seluruh masyarakat.

Peluang kerja lulusan Sosiologi, antara lain menjadi pekerja sosial hingga profesor dengan gaji yang dapat diterima hingga 62 juta rupiah per tahunnya.

Nah, menurut kamu gimana nih, detikers? Ada jurusan impian kamu nggak?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia