Pengertian Kemasan Primer, Sekunder, dan Tersier serta Contohnya

Rika Pangesti - detikEdu
Selasa, 04 Jan 2022 10:30 WIB
Different packages and carton cups on table against color background. Food delivery service
Kemasan produk. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam bisnis adalah kemasan produk. Kemasan sendiri terbagi terbagi menjadi tiga jenis, satu di antaranya adalah kemasan primer.

Kemasan merupakan wadah yang dapat meningkatkan nilai dan fungsi sebuah produk. Pengemasan produk menjadi hal yang penting karena kemasan memiliki dampak fisik dan psikologis. Dalam hal dampak fisik, kemasan berfungsi sebagai wadah dan pelindung.

Sementara itu, kemasan memiliki dampak psikologis karena tampilan kemasan dapat menimbulkan kesan tertentu bagi para konsumen yang akan mempengaruhi preferensi mereka terhadap produk yang dikemas.

Fungsi Kemasan Produk

Selain sebagai wadah, kemasan juga banyak memiliki manfaat. Berikut manfaat kemasan produk dikutip dari buku The Art of Packaging: Mengenal Metode, Teknik, & Strategi oleh Sri Julianti:

1. Untuk menjaga produk agar tetap terlindung dan tetap bersih terjaga dari kotoran serta kontaminasi.

2. Membuat daya tahan produk meningkat, karena terjaga dari kerusakan fisik dan pengaruh cuaca.

3. Untuk menyeragamkan ukuran atau bobot produk yang akan dijual.

4. Untuk menambah daya jual produk, konsumen diuntungkan dengan kemudahan pemakaian produk (praktis).

5. Kemasan mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.

6. Kemasan juga dapat menampilkan informasi produk yang dapat membantu konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Informasi tersebut dapat berupa bahan baku, berat produk dan tanggal kedaluwarsa.

Jenis-jenis Kemasan Produk

Melansir dari buku Kewirausahaan Dan Studi Kelayakan Bisnis untuk Memulai dan Mengelola Bisnis oleh Apri Winge Adindo, kemasan produk dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan fungsinya, sebagai berikut:

1. Kemasan Primer

Kemasan primer adalah jenis kemasan yang bersinggungan langsung dengan produk yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung produk.

Kemasan primer harus bersifat tidak beracun, sehingga tidak menyebabkan reaksi kimia yang menyebabkan perubahan warna, cita rasa, bau atau aspek lainnya.

2. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah dari sejumlah kemasan primer.

3. Kemasan Tersier

Kemasan tersier adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung bagi kemasan sekunder dalam pengiriman produk terutama untuk jarak jauh seperti ekspor ke pasar internasional.

Contoh Kemasan Primer, Sekunder, dan Tersier

1. Kemasan primer: plastik, botol gelas, kaleng, karton untuk produk minuman dan makanan.

2. Kemasan sekunder: kotak dari kardus, tas kertas, dan kantong plastik. Kemasan tersebut berfungsi sebagai wadah dan pelindung sejumlah kemasan primer sehingga mudah dan aman untuk dibawa.

3. Kemasan tersier: kotak kayu dan kontainer (box). Saat ini, kontainer menjadi kemasan paling luar yang populer untuk pengiriman dengan transportasi jarak jauh.

Nah, itulah penjelasan mengenai kemasan primer dan dua jenis kemasan yang lainnya lengkap dengan contohnya. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Simak Video "Laris Manis Bisnis Hampers Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia