Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit dan Lainnya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 03 Jan 2022 14:00 WIB
ilustrasi menulis surat
Ilustrasi contoh surat izin tidak masuk sekolah. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sekolah-sekolah di DKI Jakarta memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas kapasitas 100 persen mulai hari ini, Senin (3/1/2022). Namun, mungkin masih siswa yang harus berhalangan hadir karena suatu alasan tertentu. Sebab itu, diperlukan surat izin tidak masuk sekolah.

Surat izin tidak masuk sekolah merupakan surat yang diajukan oleh seorang murid ketika berhalangan hadir untuk memenuhi kewajiban kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Bila dilihat berdasarkan fungsinya, surat ini tergolong dalam surat pribadi yang bersifat resmi.

Melansir dari buku Keterampilan Menulis Surat: Bagi Pendidik dan Umum oleh Sri Dinanta Beru Ginting, S.Pd, dkk, surat izin tidak masuk sekolah bersifat resmi karena isi surat ditujukan kepada sebuah organisasi atau lembaga. Dalam hal ini, lembaga yang dimaksud adalah sekolah.

Cirinya dari surat ini biasanya tidak menggunakan kop surat atau kepala surat dan nomor surat, salam pembuka dan penutup bervariasi menggunakan bahasa resmi, dan bahasa yang digunakan bersifat baku karena berfungsi menyampaikan suatu keadaan yang resmi.

Untuk itu, detikEdu merangkum dari berbagai sumber 6 contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai kondisi. Mulai dari karena sakit hingga ada kepentingan keluarga dapat disimak selengkapnya di sini,

6 Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dan lainnya

A. Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit demam

Surakarta, 24 Mei 2013
Yth. Bapak/Ibu guru

di Sekolah

Dengan hormat,
Dengan ini saya beritahukan bahwa saya yang bernama Pasuria Christine Kelas 3 IPA A tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit demam, mohon Bapak/Ibu guru dapat memakluminya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Pasuria Christine

B. Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit buatan sendiri

Yth. Wali Kelas VII A
SMP Indonesia Bersatu di Pidie

Dengan hormat,
Dengan ini saya beritahukan kepada Bapak, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter Nurswanto, tanggal 5 April 2008, saya diharuskan istirahat selama 3 hari, mulai 6-8 April 2008. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mohon izin kepada Bapak Wali Kelas VII A untuk tidak masuk kelas.

Atas izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui, Hormat saya,
Orang tua/wali siswa
Tengku Syah Edo Hardian

C. Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit buatan orang lain

Majenang, 1 Februari 2005

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas
Kelas 1E SMAN 1 Majenang
di tempat

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang bernama Erik Firmansyah, Kelas 1E, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya karena sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Rifki Andriansyah

E. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Ada Kepentingan

Jakarta, 20 Oktober 2003

Hal: Permohonan Izin a.n. Agung Afafa Pinandita

Yth. Bapak Kepala Sekolah MAN 3
Malang, Jawa Timur


Dengan hormat,

Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan selalu mengiringi Bapak dan seluruh keluarga besar MAN 3 Malang. Dengan ini, saya, orang tua Agung Afafa Pinandita, mohon agar Bapak dapat mengizinkan Agung berkumpul dengan keluarga di Jakarta selama Ramadhan, mulai tanggal 7 November hingga jadwal masuk sekolah setelah Idul Fitri.

Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan. Atas perhatian dan izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih. Tak lupa kami sekeluarga mengucapkan mohon maaf lahir batin.

Wassalamualaikum wr. wb

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Siti Kuraesin

F. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WhatsApp

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi. Semoga Bapak/Ibu sehat selalu. Perkenalkan Bapak/Ibu, nama Saya M. Pikri Pahrezi Kelas IXC (9C). Saya di sini ingin mengabarkan bahwa hari ini belum bisa masuk sekolah dan mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit. Atas situasi ini, dimohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin.

Demikian, Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Salam hangat.

Pada intinya, surat izin tidak masuk sekolah tetap harus dibuat dengan memerhatikan bagian-bagian pentingnya. Yakni, mencakup tanggal surat, alamat, salam pembuka, kalimat pembuka, isi, hingga salam penutup.

Gimana nih, detikers? Contoh surat izin tidak masuk sekolah di atas sudah bisa dipahami belum?



Simak Video "Hore! Kini WhatsApp Bisa Ajak 512 Orang Masuk ke Grup"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia