Jelang Piala Dunia 2022 Bergulir, Ini 4 Fakta Kejuaraan Perdananya Pada 1930

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 02 Jan 2022 17:00 WIB
ilustrasi Piala Dunia 1938
Ilustrasi Piala Dunia 2022. (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Piala Dunia 2022 akan mulai bergulir pada akhir tahun ini. Sesuai dengan rencana, Qatar dipastikan menjadi tuan rumah pesta akbar sepakbola skala dunia itu pada 21 November hingga 18 Desember 2022.

Penyelenggaraan kejuaraan sepakbola internasional ini dilatarbelakangi dari ide Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Tepatnya, sebagai induk sepakbola dunia.

Piala Dunia FIFA dalam sepak bola merupakan turnamen empat tahunan yang menentukan juara dunia olahraga. Ajang bergengsi ini merupakan salah satu acara olahraga paling populer di dunia dan menarik penonton dari belahan dunia untuk menyaksikan tiap turnamennya.

Bila menilik kembali ke belakang, ada sejumlah perbedaan antara penyelenggaraan Piala Dunia pertama kalinya dengan gelaran yang ada pada masa kini. Lantas, seperti apa sejarah penyelenggaraan Piala Dunia pertama kali tersebut?

Simak di sini rangkuman singkat mengenai sejarah penyelenggaraan Piala Dunia yang dirangkum dari laman resmi FIFA, Britannica, dan History.

4 Fakta Sejarah Pelaksanaan Piala Dunia Pertama Kali

1. Digelar Tahun 1930

Piala Dunia FIFA pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930. Tepatnya ketika presiden FIFA saat itu, Jules Rimet, memutuskan untuk menggelar turnamen sepak bole berskala dunia pada 13-30 Juli 1930.

Penyelenggaraan ini digelar di ibu kota Montevideo, Uruguay setiap empat tahun sekali. Hal ini dikecualikan selama Perang Dunia II tengah berlangsung. Melalui turnamen final pertama kalinya dalam sejarah ini, pada akhirnya dimenangkan oleh tuan rumah Uruguay.

2. Melibatkan 13 Tim

Piala Dunia pada tahun 1930 hanya melibatkan 13 tim saja yang memperebutkan turnamen final. Beberapa negara di antaranya yang ikut serta dalam final tersebut di antaranya Argentina, Amerika Serikat, Uruguay dan Yugoslavia.

Sejak saat itu, Piala Dunia FIFA telah mengalami ekspansi secara berturut-turut dan format pun turut dibuat ulang. Hinggi kini, final turnamen diperebutkan oleh 32 tim yang diawali dengan proses kualifikasi selama dua tahun.

Proses kualifikasi menuju final ini bahkan melibatkan hampir 200 tim dari seluruh belahan dunia.

3. Sejumlah Negara Eropa Absen

Gelaran kejuaraan dunia ini berlangsung saat bangsa Eropa tengah mengalami depresi ekonomi. Hal ini menyebabkan sejumlah pesepakbola asal Eropa takut kehilangan pekerjaannya saat kembali dari turnamen di Uruguay tersebut.

Akibatnya, beberapa tim Eropa yang berprestasi, termasuk tiga kali peraih medali emas Olimpiade Inggris dan penggemar sepak bola Italia, Spanyol, Jerman dan Belanda tidak tampil di Piala Dunia pertama.

Namun, ternyata pihak Uruguay berani untuk membantu membayar biaya perjalanan mereka. Kemudian, Rimet pun meyakinkan Belgia, Prancis, Rumania, dan Yugoslavia untuk ikut serta dalam turnamen.

Untuk Rumania sendiri, pimpinan mereka Raja Carol memilih sendiri para anggota tim yang berangkat. Ia pun menjanjikan para atlet hadiah liburan selama tiga bulan dan menjamin pekerjaan mereka ketika kembali.

4. Daftar Skor Kejuaraan

Seperti diketahui, hasil akhir dari kejuaraan sepakbola dunia pertama kalinya dimenangkan oleh sang tuan rumah, Uruguay. Pada saat itu, Uruguay berhasil mengungguli Argentina dengan skor 4-2 yang berlangsung pada 31 Juli 1930.

Adapun daftar skor lengkap pada babak knockout Piala Dunia 1930 adalah sebagai berikut,

  • Semi Final

Match 16 (27 Juli 1930)
Argentina 6-1 Amerika Serikat

Match 17 (28 Juli 1930)
Uruguay 6-1 Yugoslavia

  • Final

Match 18 (31 Juli 1930)
Uruguay 4-2 Argentina



Simak Video "Resmi Berpisah! Game FIFA Ganti Nama Jadi EA Sports FC"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia