Mengapa Perlu Menjaga Kelestarian Tanaman Bakau? Ini Alasannya

Rika Pangesti - detikEdu
Sabtu, 01 Jan 2022 18:00 WIB
Hutan Bakau Desa Dian Darat
Foto: Didik Dwi Haryanto/detikcom/Ilustrasi Tanaman Bakau
Jakarta -

Tanaman bakau adalah salah satu ekosistem yang tumbuh di muara sungai atau tepian pantai. Sebagai daerah tropis, Indonesia menjadi rumah untuk tanaman bakau tumbuh dengan subur.


Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki hutan yang sangat luas dan terdiri dari berbagai jenis. Salah satu jenisnya ialah hutan mangrove.


Hutan mangrove tumbuh di sekitaran daerah pantai yang berlumpur tebal (rawa dekat pantai). Jenis tanaman yang memenuhi hutan mangrove umumnya adalah bakau dan nipah.


Bakau sendiri merupakan tumbuhan berbentuk semak dan pohon yang hidup di daerah air payau ataupun air laut. Daerah endapan lumpur menjadi tempat bertumbuhnya tanaman bakau yang berhubungan langsung dengan pasang surut air laut.


Tanaman bakau memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah seperti, genjah, bakau gundul, dan bangko. Namun semuanya memiliki nama latin yang sama yaitu Rhizophora Mucronata.


Indonesia Memiliki Hutan Mangrove Terluas di Dunia


Melansir dari buku "Geografi 2 Kelas XI" yang ditulis oleh Yusman Hestianto, Indonesia mendapatkan predikat bergengsi sebagai pemilik hutan mangrove terluas di dunia.


Sayangnya saat ini hutan bakau banyak mengalami kerusakan akibat ditebang dan dialihfungsikan sebagai lahan pertanian, pembukaan lahan tambah, pembangunan rumah dan lain sebagainya.


Upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan bakau antara lain dengan program penghutanan kembali pohon bakau di pantai-pantai, memperketat perizinan pengusahaan hutan, dan memperketat pengawasan terhadap para perambah hutan.


Alasan Pentingnya Menjaga Kelestarian Tanaman Bakau


Alasan pentingnya menjaga kelestarian tanaman bakau adalah manfaatnya yang sangat banyak bagi kehidupan pantai dan lingkungan sekitarnya.


Apabila tidak dijaga dengan berkala dan mengganggu kehidupannya maka dampak buruk bisa terjadi abrasi oleh air laut hingga banjir rob.


Adapun manfaat tanaman bakau selengkapnya adalah sebagai berikut.


1. Menjaga garis pantai dari abrasi

2. Mencegah terjadinya erosi

3. Menahan kekuatan ombak

4. Mencegah intrusi air laut

5. Sebagai habitat makhluk hidup misalnya udang dan bandeng

6. Menyerap karbon dioksida

7. Sebagai filter zat garam yang dibawa angin laut ke kawasan darat

8. Penyaring limbah alami

9. Menjadi sumber daya bagi manusia

10. Memberi dampak ekonomi

11. Memiliki potensi edukasi

12. Menjadi tempat wisata

13. Membantu pembentukan pulau

14. Dapat menjadi sumber pakan bagi ternak seperti sapi dan unggas.


Nah, itulah alasan mengapa kita perlu menjaga dan melestarikan tanaman bakau. Karena tanaman bakau memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita. Semoga detikers selalu menjaga kelestarian alam, ya!



Simak Video "Rileks Sejenak Habiskan Waktu di Ekowisata Mangrove Oesapa"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia