Apa Saja Fungsi Ekologi Hutan Mangrove? Ini Penjelasannya

atj - detikEdu
Minggu, 22 Agu 2021 10:02 WIB
Kampung Blekok di Hutan Mangrove Situbondo
Apa Saja Fungsi Ekologi Hutan Mangrove? Ini Penjelasannya (Foto: (Chuk Shatu W/detikcom)
Jakarta - Hutan mangrove memiliki banyak fungsi. Salah satunya yaitu fungsi ekologi hutan mangrove. Menurut penelitian hutan mangrove memiliki peranan penting bagi kehidupan pesisir.

Apa saja fungsi ekologi hutan mangrove? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari DPLH Provinsi Sulawesi Selatan:

1. Habitat Satwa Langka

Hutan mangrove merupakan tempat tinggal beragam jenis satwa. Misalnya terdapat 100 jenis burung hidup di hutan mangrover. Hal tersebut dikarenakan terdapat daratan lumpur yang luas berbatasan dengan hutan hutan mangrove merupakan tempat mendaratnya ribuan burung pantai ringan migran, termasuk jenis burung langka Blekok Asia (Limnodrumus semipalmatus).

2. Pelindung Bencana Alam

Hutan mangrove merupakan tempat vegetasi yang dapat melindungi bangunan, tanaman pertanian vegetasi alami dari kerusakan akibat badai atau angin yang bermuatan garam melalui proses filtrasi.

3. Pengendapan Lumpur

Sifat fisik tanaman pada hutan mangrove dapat membantu proses pengendapan lumpur. Pengendapan lumpur berhubungan erat dengan penghilangan racun dan unsur hara air. hal tersebut dikarenakan bahan-bahan terikat pada partikel lumpur. Hutan mangrove dapat menjaga kualitas air laut dari endapan lumpur erosi.

4. Penambah Unsur Hara

Fungsi ekologi hutan mangrove dapat memperlambat aliran air dan pengendapan. Seiring dengan proses pengendapan ini terjadi unsur hara yang berasal dari berbagai sumber, termasuk pencucian dari areal pertanian.

5. Sumber alam dalam kawasan (In-Situ) dan luar Kawasan (Ex-Situ)

Hasil alam in-situ mencakup semua fauna dan hasil pertambangan atau mineral yang dapat dimanfaatkan secara langsung di dalam kawasan. Sedangkan sumber alam ex-situ meliputi produk-produk alamiah di hutan mangrove dan terangkut/berpindah ke tempat lain yang kemudian digunakan oleh masyarakat di daerah tersebut, menjadi sumber makanan bagi organisme lain atau menyediakan fungsi lain seperti menambah luas pantai karena pemindahan pasir dan lumpur.

6. Sumber Plasma Nutfah

Plasma nutfah memiliki manfaat yaitu memperbaiki jenis-jenis satwa komersial maupun untuk memelihara populasi kehidupan liar itu sendiri.

7. Memelihara Proses-Proses dan Sistem Alami

Hutan mangrove sangat tinggi peranannya dalam mendukung proses-proses alam seperti ekologi, geomorfologi, atau geologi di dalamnya.

8. Penyerapan Karbon

Proses fotosintesis mengubah karbon anorganik (C02) menjadi karbon organik dalam bentuk bahan vegetasi. Pada sebagian besar ekosistem, bahan ini membusuk dan melepaskan karbon kembali ke atmosfer sebagai (C02). Akan tetapi hutan bakau justru mengandung sejumlah besar bahan organik yang tidak membusuk. Karena itu, hutan mangrove lebih berfungsi sebagai penyerap karbon dibandingkan dengan sumber karbon.

9. Merawat Iklim Mikro

Hal ini dilakukan dengan Evapotranspirasi hutan mangrove yang mampu menjaga kelembaban dan curah hujan di kawasan tersebut. Sehingga keseimbangan iklim mikro dapat terjaga dengan baik.

10. Mencegah berkembangnya tanah sulfat masam

Keberadaan hutan mangrove dapat mencegah teroksidasinya lapisan pirit dan menghalangi berkembangnya kondisi alam.

Demikianlah fungsi ekologi hutan mangrove. Jadi sudah paham kan detikers?

Simak Video "1,8 Juta Hektar Hutan Siberia Terbakar dan Rusak Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia