Mengapa Perasaan Menyesal Suka Muncul Setelah Berbelanja? Ini Jawabannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 31 Des 2021 18:30 WIB
Ilustrasi Belanja/Jualan Online
Foto: Shutterstock/Ilustrasi Menyesal Setelah Berbelanja
Jakarta -

Pernahkah muncul perasaan menyesal setelah membeli sesuatu atau berbelanja? Mungkin kamu sedang mengalami buyer's remorse. Penyesalan yang muncul itu ada alasannya, lho.


Merangkum Bankrate, istilah buyer's remorse memiliki arti yakni sebuah perasaan menyesal atau cemas setelah melakukan pembelian.


Biasanya perasaan itu muncul setelah seseorang melakukan pembelian yang signifikan atau berjumlah besar, seperti pakaian, properti rumah atau mobil baru, tetapi dapat juga terjadi setelah pembelian yang lebih kecil.


Mengapa Perasaan Menyesal Bisa Muncul?


Seseorang mungkin merasakan buyer's remorse setelah membeli sesuatu karena beberapa alasan. Berikut beberapa alasan yang mungkin muncul:


1. Keputusan yang Kurang Tepat


Setiap orang bisa jadi memiliki alasan yang berbeda-beda, namun perasaan tersebut umumnya bermula dari kecemasan bahwa keputusan untuk membeli adalah keputusan yang kurang tepat.


Hal yang paling mudah dipahami dalam penyesalan itu adalah saat seseorang menjadi yakin bahwa ada pilihan yang lebih baik dari barang yang sudah dibeli.


Dalam beberapa kasus, seseorang bisa menyesal karena mereka membeli sesuatu yang sebenarnya tidak mampu mereka beli atau mengambil banyak hutang untuk menutupi biaya suatu barang.


Beberapa orang membeli barang yang tidak akan pernah mereka gunakan dan menyesali keputusannya.


2. Tidak Membandingkan Harga


Kesalahan paling umum yang dilakukan orang ketika belanja adalah tidak mau membandingkan harga. Padahal seringkali harga suatu barang berbeda antara satu toko dengan toko lainnya.


Terkadang, penting bagi seseorang untuk melakukan survei harga supaya bisa membeli barang yang diinginkan dengan harga lebih murah dan dengan kualitas yang sama.


3. Tergoda oleh Diskon


Alasan satu ini cukup banyak dirasakan oleh banyak orang. Ketika kita ingin membeli sesuatu tapi kemudian melihat diskon, seringkali kita jadi membelinya padahal belum membutuhkannya.


Supaya tidak menyesal, sebaiknya buat perencanaan yang matang saat berbelanja. Kamu perlu mengingat bahwa kebutuhan masih banyak.


Cara Mengatasi Buyer's Remorse


Untuk menghindari penyesalan saat berbelanja sesuatu, terutama saat membeli banyak barang maka cobalah membuat daftar kebutuhan. Hal ini akan membantu kamu untuk melihat dan hanya membeli barang sesuai kebutuhan.


Selain itu, bayar dengan uang yang pas atau tidak berlebih agar ketika menginginkan sesuatu di luar kebutuhan atau melihat diskon kamu tidak bisa membelinya saat itu.


Nah, kalau detikers bagaimana? punya cara untuk mengantisipasi perasaan menyesal ketika membeli atau berbelanja?



Simak Video "Jumlah Pengguna Online Grocery Tumbuh Positif, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia