Kebiasaan Aneh Lumba-Lumba Bermain Ikan Kembung, Gunakan Racun untuk 'Mabuk'

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 31 Des 2021 13:15 WIB
Animal head
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tunatura
Jakarta -

Lumba-lumba ternyata memiliki kebiasaan unik bermain lempar-lemparan ikan buntal dengan sesamanya. Padahal seperti dikutip dari India Times, ikan buntal memiliki racun tetrodotoxin yang dosis kecilnya saja bisa membunuh manusia dalam beberapa menit.

Dalam sebuah dokumenter BBC One yang dibuat oleh John Downer sejak 2013, diperlihatkan lumba-lumba bahkan mengunyah ikan buntal secara perlahan dan melempar ikan beracun tersebut ke temannya satu sama lain, persis seperti bermain voli dalam air. Namun, setelah itu mereka terlihat seperti kesurupan.

Mengapa Lumba-lumba Gemar Bermain Ikan Buntal?

Pada dokumenter tersebut terungkap, sebetulnya lumba-lumba bermain dan mengonsumsinya agar ikan menggelembung tersebut menghasilkan racun yang membuat lumba-lumba merasa seperti mabuk atau sakau.

Racun tetrodotoxin ikan buntal dalam jumlah sedikit saja memang bisa membunuh manusia, namun dosis lebih kecil yang dikonsumsi oleh lumba-lumba justru bisa menghasilkan efek narkotika. Tampaknya, lumba-lumba memahami bagaimana mengontrol racun yang dikeluarkan.

Dikutip dari India Times, seorang ahli zoologi yang terlibat dalam film, Rob Pilley mengatakan pada wawancara bersama Sunday Times, yang sebetulnya dilakukan para lumba-lumba ini adalah lumba-lumba muda yang sedang bereksperimen secara sengaja terhadap sesuatu yang beracun.

Pilley menjelaskan, setelah mengunyah ikan buntal dengan perlahan dan mengoper ke sesamanya, para lumba-lumba muda itu mulai bertingkah aneh. Mereka berkeliaran dengan hidung ada di permukaan seakan-akan sedang terpesona oleh bayangannya sendiri.

Orang-orang yang terlibat dalam film dokumenter ini memakai kamera mata-mata yang disembunyikan di dalam penyu, ikan, dan cumi-cumi imitasi.

Pengamatan mereka menghasilkan rekaman berdurasi 900 jam dan menampilkan lumba-lumba dalam tingkah natural mereka.

Nah, itulah alasan kenapa lumba-lumba punya kebiasaan aneh suka bermain dengan ikan buntal. Semoga menambah pengetahuan detikers, ya!



Simak Video "Viral Penampakan 7 Lumba-lumba Terkulai di Atas Dek Kapal Nelayan Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia