4 Fadhilah Surah Al Hasyr Ayat 21-24, Ada Doa Pengusir Setan

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 28 Des 2021 16:00 WIB
Moeslem Woman Reading Al-Quran
Ilustrasi Al Quran/Fadhilah surat Al Hasyr 21-24. Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra
Jakarta -

Surah Al Hasyr ayat 21-24 atau empat ayat terakhir surah ini ternyata diketahui mengandung sejumlah manfaat dan fadhilah bagi pembacanya. Manfaat yang dikandungnya ini dapat disesuaikan dengan waktu, kondisi, dan situasi diamalkannya surah ini.

Kondisi yang dimaksud yakni, baik dalam kondisi seseorang yang tengah menderita penyakit hinggga yang sudah meninggal. Kondisi-kondisi berikut tercakup semua dalam manfaat surah Al Hasyr ini.

Sebelum masuk dalam penjelasan manfaat surah Al Hasyr ayat 21-24, dapat disimak terlebih dahulu bacaan lengkapnya berikut dengan latin dan terjemahannya,

A. Surah Al Hasyr Ayat 21-24, Arab, Latin, dan Artinya

لَوْ أَنْزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (21)

(22) هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۖ هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ (23)

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (24)

Bacaan latin: 21. Lau anzalnā hāżal-qur`āna 'alā jabalil lara`aitahụ khāsyi'am mutaṣaddi'am min khasy-yatillāh, wa tilkal-amṡālu naḍribuhā lin-nāsi la'allahum yatafakkarụn

22. Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, 'ālimul-gaibi wasy-syahādah, huwar-raḥmānur-raḥīm

23. Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-'azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi 'ammā yusyrikụn

24. Huwallāhul-khāliqul-bāri`ul-muṣawwiru lahul-asmā`ul-ḥusnā, yusabbiḥu lahụ mā fis-samāwāti wal-arḍ, wa huwal-'azīzul-ḥakīm

Artinya: "21. Sekiranya Kami turunkan Al-Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir.

22. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

23. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

24. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana,"

B. Fadhilah dan manfaat surah Al Hasyr ayat 21-24

Beberapa keutamaan atau fadhilah yang dikandung dari empat ayat terakhir dari surah Al Hasyr dapat disimak pada pemaparan berikut,

1. Termasuk dalam ayat-ayat ruqyah

Melansir dari buku Bekam Tauhid Sehat Menyehatkan oleh Nanang Nilson, ada beberapa ayat Al Quran yang dapat mengusir setan dan jin saat menyusup ke dalam tubuh kita. Salah satunya adalah empat ayat terakhir surah Al Hasyr ini. Sahabat Rasulullah SAW, Abu Ayyub RA, pernah berkata pada jin,

"Maukah engkau memberi tahu kami surat yang paling utama untuk melindungi diri dari gangguan jin?"

Kemudian jin itu pun menjawab, "Doa paling utama yang dapat melindungi kalian dari gangguan kami yakni beberapa surat dalam Al Quran. Salah satunya yakni surat Al Hasyr ayat terakhir," (HR Ibnu Marduwaih).

2. Mohon perlindungan setan ketika hendak meninggal dunia

Selain ayat ruqyah bagi orang yang masih hidup, empat ayat terakhir ini juga dapat dibacakan bagi orang yang hendak meninggal dunia agar terhindar dari ganguang setan. Sebagaimana dikutip dari buku Halal-Haram Ruqyah karya Musdar Bustamam Tambusai.

Dari Ali Hasan bin Ali RA yang disebutkan Al Hafiz Abu Musa berkata,

"Aku menjamin orang yang membaca dua puluh ayat berikut ini bahwa ia akan dijaga oleh Allah Ta'ala dari setiap setan yang zalim, dari setiap setan yang jahat, dari setiap serigala yang ganas, dan dari setiap pencuri yang melampaui batas,"

3. Didoakan 70 ribu malaikat dan mati syahid

Selanjutnya adalah dijanjikan agar didodakan oleh 70 ribu malaikat bagi orang yang rajin berdzikir dan membaca ayat ini. Melansir dari Al-Itqan fi Ulumil Qur'an karya Imam Jaluddin al-Suyuthi dari Miqal bin Yassar RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,

"Barangsiapa pada waktu pagi hari atau subuh membaca tiga kali taawudz dan membaca tiga ayat terakhir surah Al Hasyr, maka Allah mewakilkan untuknya 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari dan jika dia meninggal pada hari itu, maka tercatat sebagai syahid. Dan barangsiapa yang membacanya ketika sore atau ashar, maka akan kedudukannya sama seperti itu," (HR At Tirmidzi).

4. Doa kesembuhan dari sakit mata

Untuk doa kesembuhan sakit mata dalam buku Tuntunan Doa & Zikir untuk Segala Situasi & Kebutuhan karya Ali Akbar bin Aqil, disebutkan sejumlah langkah bacaan doanya. Pertama dibacakan surah At Taubah ayat 128-129, dilanjutkan surah Al Isra ayat 82, hingga membaca surah Al Hasyr ayat 21-24 ini.

Setelah membaca ayat-ayat tersebut, dapat dilanjutkan dengan membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas dan doa khusus untuk kesembuhan doa sakit mata.

Wah, banyak juga ya manfaat atau fadhilah yang dikandung surah Al Hasyr ayat 21-24 ini. Semoga menambah wawasanmu ya, detikers!



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia