Manfaat Keragaman Budaya bagi Indonesia, Salah Satunya Perkuat Toleransi

Nikita Rosa - detikEdu
Kamis, 30 Des 2021 11:30 WIB
Penari menampilkan kreasi tari Larung Sesaji di tepi Pelabuham Satelit Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Tarian yang ditampilkan oleh Padepokan Seni Dewi Sekartaji itu menceritakan nelayan muncar dalam melaksanakan tradisi petik laut sebagai warisan budaya leluhur. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.
Keragaman budaya seperti tari tradisional punya manfaat bagi bangsa ini. Misalnya untuk pertunjukan pariwisata (Foto: ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)
Jakarta -

Terdiri dari 13.667 pulau dengan potensi sumber daya alam dan topografi yang berbeda menghasilkan keragaman budaya di Indonesia. Budaya-budaya ini merupakan hasil dari interaksi antar individu dalam suatu daerah dan bermanfaat bagi Indonesia.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, keragaman budaya adalah proses, cara atau pembuatan macam ragam tentang kebudayaan yang sudah berkembang. Hal ini dimaksudkan bahwa kehidupan bermasyarakat memiliki corak kehidupan yang beragam dengan latar belakang kesukuan, agama, maupun ras yang berbeda-beda.

Manfaat keragaman budaya berkontribusi bagi kemajuan Indonesia. Widiastuti dalam Jurnal "Analisis SWOT Keragaman Budaya Indonesia" menjelaskan manfaat tersebut.

Manfaat keragaman budaya di Indonesia sebagai berikut:

1. Memperkaya Bahasa

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Badan Bahasa Kemendikbud) telah memverifikasi terdapat 652 bahasa daerah di Indonesia. Banyaknya bahasa daerah dapat memperkaya perbendaharaan istilah dalam bahasa Indonesia.

2. Meningkatkan Potensi Pariwisata

Potensi keragaman budaya dapat dijadikan objek dan tujuan pariwisata di Indonesia yang bisa mendatangkan devisa. Upacara adat yang boleh ditonton oleh publik menjadi incaran wisatawan mancanegara.

3. Edukasi Kesenian

Karya seni Indonesia sangat berlimpah dalam bentuk seni sastra, seni pertunjukan, seni suara atau instrumental, seni tari dan seni lainnya. Ragam seni tari yang memiliki ciri khas kesukuan seperti tari Tari legong dari Bali, Tari Merak dari Jawa Barat, dan Tari Serimpi dari Jawa Tengah dapat menjadi edukasi bagi generasi yang akan datang.

4. Menjaga Toleransi

Keragaman budaya bukan menjadi penghalang persatuan. Semakin banyaknya budaya yang ada dapat mendorong masyarakat untuk bersatu dan saling menghormati satu sama lain.

5. Membangun Kemandirian Bangsa

Keragaman budaya Indonesia juga bermanfaat dalam membangun kemandirian bangsa. Hal ini disampaikan oleh salah satu pidato Presiden Sukarno dalam buku Perspektif Budaya Kumpulan Tulisan Koentjaraningrat Memorial Lectures:

"Aku bangga dan gandrung pada pemuda Indonesia, gagah perkasa sebagai orang Aceh, pandainya orang Minang, ayu kemayunya orang Solo, tegarnya orang Sulawesi".

"Kita juga pernah mengalami masa Irian Barat yang mati-matian diperjuangkan kembali ke pangkuan Indonesia. Kita sekarang hidup di dunia dongeng dan kenyataan, dongeng sebagai sesuatu yang indah berupa impian untuk mempersatukan Indonesia, kenyataannya tahun 1945 dongeng tentang persatuan dan kesatuan bukan omong kosong dan sudah menjadi nilai-nilai yang membudaya."

Itulah manfaat keragaman budaya bagi Indonesia. Sebagai generasi muda, siswa perlu menjaga keragaman budaya ini sebagai aset penting kekayaan dan kesatuan Indonesia.



Simak Video "Dari Kuda Hingga Gajah Turut Memeriahkan Kirab Budaya Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia