Mengenal 6 Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia, Siswa Sudah Tahu?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 28 Des 2021 20:00 WIB
Mount Merapi, Indonesia’s most active volcano, spews ash and smoke 3,500 meters from its peak as seen from Sleman in Yogyakarta on August 16, 2021. (Photo by Agung Supriyanto / AFP)
Gunung Merapi, satu dari enak gunung berapi paling aktif di Indonesia. Foto: AFP/AGUNG SUPRIYANTO
Jakarta -

Tahukah siswa bahwa Indonesia merupakan negara yang dilewati jalur pegunungan dunia sehingga banyak ditemukan gunung berapi aktif. Apa saja gunung berapi aktif di Indonesia?


Gunung berapi di Indonesia tersebar hampir di setiap wilayah terutama di daerah Sumatera, Jawa, Sulawesi, hingga Lombok.


Nah, mengutip akun instagram Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud Ristek (@ditpsd), berikut daftar gunung berapi aktif di Indonesia.


6 Gunung berapi paling aktif di Indonesia:


1. Gunung Merapi


Gunung paling aktif di Indonesia adalah Gunung Merapi. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.930 mdpl dan berada di tengah Pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Secara administrasi, Gunung Merapi berada di 4 Kabupaten, yakni lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, DIY. sisi barat masuk Kabupaten Magelang, sisi utara dan timur Kabupaten Boyolali dan sisi tenggara masuk Kabupaten Klaten.


2. Gunung Kelud


Meski Gunung Kelud hanya mempunyai ketinggian 1.731 meter dari permukaan laut, namun gunung di Provinsi Jawa Timur ini merupakan gunung berapi yang tergolong aktif.


Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Kira-kira 35 km sebelah timur pusat Kota Kediri dan 25 km sebelah utara pusat Kota Blitar.


3. Gunung Sinabung


Gunung Sinabung adalah gunung berapi aktif yang terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut.


Sama halnya dengan Gunung Merapi, Gunung ini juga dianggap paling aktif di Indonesia karena paling sering meletus, terutama sejak 2010 hingga 2019.


4. Gunung Bromo


Terkenal dengan kawasan wisata dataran tinggi, Gunung Bromo atau dalam bahasa Tengger dieja 'Brama' juga disebut Kaldera Tengger adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur.


Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.


5. Gunung Soputan


Meski jarang terdengar, namun faktanya Gunung Soputan termasuk ke dalam gunung api aktif di Indonesia. Gunung ini terletak di provinsi Sulawesi Utara dan mempunyai ketinggian 1.784 mdpl.


6. Gunung Anak Krakatau


Di antara gunung lain, Gunung Anak Krakatau menjadi salah satu gunung berapi di Indonesia yang cukup banyak dikenal, baik masyarakat Indonesia bahkan hingga masyarakat mancanegara.


Hal ini karena letusan Gunung Krakatau pada 24 Agustus 1883 silam menyebabkan korban meninggal mencapai 36.417 orang dan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kegelapan.


Gunung Anak Krakatau sendiri terletak di Selat Sunda yakni di antara pulau Sumatera dan pulau Jawa serta memiliki ketinggian 110 meter dari permukaan laut.


Itulah 6 gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sekarang siswa jadi semakin paham kan nama-nama gunung berapi yang aktif di Indonesia?



Simak Video "Gunung Taal di Filipina Muntahkan Kepulan Asap Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia