5 Fenomena Langit Tahun 2022, Ada Hujan Meteor hingga Super Full Moon

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 27 Des 2021 16:00 WIB
A meteor streaks across the sky against a field of stars during a meteorite shower early August 13, 2010 near Grazalema, southern Spain.    AFP PHOTO/ JORGE GUERRERO / AFP PHOTO / Jorge Guerrero
Ilustasi huan meteor, salah satu fenomena langit 2022. Foto: AFP PHOTO/ JORGE GUERRERO/Ilustrasi Hujan Meteor
Jakarta -

Fenomena langit seringkali menjadi perhatian yang menarik dan patut ditunggu. Mulai dari gerhana bulan atau matahari hingga hujan meteor.

Fenomena tersebut biasanya diamati dan diteliti oleh para astronom untuk memperkirakan waktu terjadinya. Termasuk fenomena langit yang akan terjadi tahun 2022.

Mengutip laman instagram Planetarium Jakarta, berikut sederet fenomena astronomi yang akan terjadi di tahun 2022.

5 Fenomena Langit 2022:

1. Konjungsi Antar Planet

Fenomena Konjungsi akan sering terjadi sepanjang tahun 2022, beberapa diantaranya Konjungsi Mars dan Saturnus, Konjungsi Venus dan Jupiter dan Konjungsi Jupiter dan Mars. Sahabat dapat mengamatinya di tanggal-tanggal tersebut pada dini hari hingga Matahari mulai terbit.

2. Micro New Moon

Micro New Moon merupakan fenomena dimana Bulan berada pada fase Bulan baru sekaligus berada pada posisi Apogee. Fenomena ini terjadi pada tanggal 29 Juni 2022 dan dapat diamati setelah Matahari terbenam. Namun pastinya kita akan kesulitan mengamatinya karena waktu terbenam Matahari dan Bulan hanya berjarak sekitar 12 menit.

3. Super Full Moon

Fenomena langit ini terjadi di mana Bulan berada pada fase Purnama sekaligus berada pada posisi terdekatnya dari Bumi sehingga akan nampak lebih besar dari biasanya atau disebut Perigee.

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 14 Juli 2022 sejak Bulan terbit pukul 17.30 WIB hingga Bulan terbenam keesokan harinya pukul 06.25 WIB. Namun kita perlu berhati-hati karena cahaya Bulan dapat sangat menyilaukan.

4. Hujan Meteor

Hujan meteor juga akan terjadi di tahun 2022, seperti Hujan Meteor Perseid dan Geminid. Puncak Hujan Meteor Perseid akan terjadi tanggal 13 Agustus 2022 mulai pukul 00.15 WIB hingga Matahari mulai terbit pukul 06.01 WIB. Puncak Hujan Meteor Geminid akan terjadi tanggal 14 Desember 2022 mulai pukul 20.06 WIB hingga Matahari mulai terbit pukul 05.34 WIB.


5. Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total akan terjadi pada tanggal 8 November 2022. Fenomena ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia dan lokasi terbaiknya adalah wilayah Indonesia bagian timur yang mendapatkan durasi gerhana yang lebih lama.

Nah, itu dia beberapa fenomena langit yang akan terjadi di tahun 2022 nanti. Jangan sampai terlewat ya, detikers!



Simak Video "4 Fenomena Astronomi Awal Oktober, Ada Hujan Meteor!"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia