5 Danau Besar di Indonesia yang Punya Pesona Memukau, Pelajar Wajib Tahu!

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 14:00 WIB
Bukit Tele di Danau Toba
Foto: (Bonauli/detikcom)/5 Danau Besar di Indonesia yang Punya Pesona Memukau, Pelajar Wajib Tahu!
Jakarta - Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Salah satu kekayaan alam tersebut adalah danau besar yang indah.

Menurut data yang dirilis oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2020, Indonesia memiliki lebih dari 1.575 danau, terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ).

Berikut adalah 5 daftar danau besar yang ada di Indonesia. Penjelasan di bawah dikutip dari laman Direktorat SMP.

Danau Besar di Indonesia yang Memukau

1. Danau Toba

Danau Toba adalah danau yang sangat populer di Indonesia. Danau ini memiliki pemandangan yang memukau dan menjadi daya pikat utama para wisatawan.

Danau Toba sendiri adalah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Api yang terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu.

Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau yang memiliki luas 1.145 km persegi ini juga dinobatkan menjadi danau terbesar di Asia Tenggara.

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di antara dua kabupaten provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak memiliki luas 107,8 kmĀ².

Danau Singkarak adalah danau besar kedua setelah danau Toba. Danau ini adalah hulu dari sungai atau Batang Ombilin. Sebagian air dari danau ini juga dimanfaatkan untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman.

Danau ini terbentuk dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera.

3. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu. Danau ini memiliki 3 danau yang dapat berubah-ubah warnanya dari hijau menjadi biru, hitam atau merah.

Ketiga danau tersebut dikenal dengan nama Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Warna air pada kawah tersebut dijadikan sebagai parameter penting dalam penentuan status aktivitas bencana. Misalnya, perubahan warna dari hijau ke putih yang menandakan adanya aktivitas Gunung Kelimutu.

4. Danau Sentani

Danau Sentani memiliki luas 9.360 hektar dan merupakan danau terbesar di Papua. Danau ini dikelilingi 21 pulau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Di sekitar danau terdapat 24 desa/ kampung.

5. Danau Matano

Matano berasal dari bahasa Dongi yang berarti mata air. Dongi adalah sebuah desa yang terletak di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Danau ini menjadi yang terdalam pertama di Asia Tenggara karena memiliki kedalaman mencapai 590 meter. Adapun, luas permukaannya mencapai 16.000 hektar dengan panjang sekitar 28 km dan lebar 8 km.

Danau ini juga sebagai habitat beberapa hewan langka, yakni ikan Butini. Danau Butini juga dikenal sebagai danau yang sangat jernih. Karena kejernihannya pengunjung dapat melihat dasar danau hingga kedalaman 20 meter.

Nah itulah daftar danau besar yang ada di Indonesia. Jadi detikers tertarik mengunjungi danau yang mana nih?



Simak Video "Kunker ke Sumut, Ma'ruf Amin 'Ngopi' di Tepi Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia