Dua Negara ASEAN Termasuk, Ini Daftar 12 Negara Terkaya di Dunia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 22 Des 2021 19:00 WIB
Singapuran menjadi salah satu negara terkaya di ASEAN dan dunia
Foto: Getty Images/Chris McGrath/Negara Singapura Menjadi Negara Terkaya di Dunia Kedua
Jakarta -

Negara-negara terkaya di dunia ternyata tidak hanya datang dari Eropa saja, tapi juga ada yang berasal dari kawasan ASEAN. Meski terbilang negara kecil, namun negara dari ASEAN mampu bersaing secara ekonomi global.


Merangkum laman World Atlas, kekayaan di negara bisa berasal dari sumber termasuk pendapatan ekspor, pendapatan, konsumsi, dan nilai barang dan jasa yang dihasilkan negara tersebut dalam rentang waktu satu tahun.


Lantas negara mana yang terkaya? berikut daftar 12 negara terkaya menurut World Atlas.


12 Negara Terkaya di Dunia:


1. Luksemburg

Negara terkaya di dunia ini dikenal dengan tingkat pendapatan tinggi dan tingkat pengangguran yang rendah. Luksemburg makmur dari campuran industri, terutama dan ekonomi ekspor-impor berdasarkan jasa keuangan.


2. Singapura

Meski memiliki wilayah kecil dan tidak memiliki sumber daya alam untuk membangun ekonominya. Dengan penduduk yang pekerja keras, Singapura bisa menjadi negara mereka menjadi negara terkaya kedua di dunia.


Negara anggota ASEAN ini menjadi kaya sehingga pekerjaan di bidang manufaktur, jasa, teknik transportasi, dan logistik membayar warganya dengan baik, sementara elektronik, bioteknologi, dan bahan kimia adalah ekspor utama negara itu.


3. Qatar

Dikenal sebagai salah satu pusat pengekspor minyak yang signifikan di dunia dua dekade terakhir, membuat Qatar menjadi negara terkaya ketiga di dunia. Keluarga kerajaan yang menguasai negara ini juga memiliki tim sepak bola Paris Saint-Germain dan real estat di London.


4. Irlandia

Pajak perusahaan yang rendah terus menerus menarik banyak perusahaan besar untuk pindah dan mengembangkan bisnis mereka di Irlandia. Stabilitas negara dan perolehan kekayaan juga diperoleh dari pariwisata, pertanian, dan manufaktur.


5. Swiss

Dianggap sebagai salah satu negara paling bahagia dan paling sehat di Bumi, Swiss adalah rumah bagi warga yang berbahasa Jerman, Prancis, dan Italia, hidup damai dan berkembang bersama selama lebih dari 800 tahun.


Swiss bisa menjadi negara terkaya salah satunya karena ekonomi yang stabil dengan nilai mata uang tetap dan sangat dihargai oleh investor yang mencari tempat berlindung yang aman untuk pencapaian yang sangat menguntungkan.


6. Uni Emirat Arab

Negara ini dikenal dengan bangunan resort termewah di dunia. Salah satu sumber kekayaan ada di bidang pariwisata, yang terus berinvestasi melalui pertumbuhan dan popularitas yang berkelanjutan.


7. Norwegia

Norwegia dikenal memiliki standar hidup tertinggi di dunia dan sistem pendidikannya yang maju, sistem jaminan sosial yang berbeda, dan perawatan kesehatan universal.


Kekayaannya bersumber dari ekspor sumber daya minyak dan gas mentahnya, sementara cadangan yang melimpah menjamin kemakmuran masa depan, termasuk makanan laut, tenaga air, kayu, mineral, gas alam, dan air tawar.


8. Amerika Serikat

Dengan tanah yang kaya sumber daya dan ekonomi terbesar di dunia, Amerika Serikat memiliki daya beli yang kuat. Amerika memiliki pola pikir kewirausahaan yang didorong sejak dini dan didukung oleh program universitas dan lembaga penelitian.


9. Brunei

Setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1984, negara kecil Brunei, yang terletak di Asia Tenggara, dengan cepat tumbuh menjadi salah satu negara terkaya di dunia.


Sultannya mengatur segalanya mulai dari militer hingga ekonomi, memberlakukan aturan hukuman yang unik dan menyediakan pendidikan dan perawatan medis gratis bagi warganya. Bahkan bidang literasi Brunei memiliki tingkat melek huruf lebih dari 97%.


Kekayaan Brunei tak lain berasal dari industri pengeboran minyak lepas pantainya, yang mendatangkan kekayaan ekonomi dari ekspor.


10. San Marino

Meski menjadi salah satu negara terkecil di dunia, perekonomian San Marino yang stabil dan makmur membuat warganya berhasil beradaptasi dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.


Bahkan warganya yang bekerja keras berkontribusi pada ekonomi dengan memproduksi keramik, ubin, bahan bangunan, furniture, pakaian, kain, cat, minuman beralkohol berkualitas, dan anggur untuk ekspor.


11. Denmark

Dengan lebih dari 5.822.763 penduduk yang tinggal di negara ini, Denmark memiliki beberapa industri penting di Denmark termasuk konstruksi, peralatan medis dan transportasi, pengolahan makanan, dan turbin angin, yang mempengaruhi kekayaan negara.


12. Belanda

Belanda dianggap sebagai salah satu negara berpenghasilan tertinggi di dunia. Ekonomi Belanda yang makmur dan terbuka sangat bergantung pada perdagangan luar negeri, tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah, industri yang stabil, dan peran penting negara itu sebagai pusat transportasi utama Eropa.


Nah, itulah 12 negara terkaya di dunia. Semoga menambah pengetahuan detikers ya!



Simak Video "Belanja Negara RI 2023 Rp 2.979 T, Pendapatan Rp 2.382 T"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia