Alat Musik Khas Sumatera Barat yang Bisa Dipelajari Anak, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 22 Des 2021 14:45 WIB
Indonesia terkenal akan kekayaan seni dan budaya yang mendunia. Salah satunya adalah talempong, alat musik perkusi tradisional dari Minangkabau.
Talempong. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jakarta -

Selain kaya akan wisata alam, Sumatera Barat memiliki kesenian dan kebudayaan khasnya yaitu alat musik. Alat musik khas Sumatera Barat itu juga dapat dipelajari anak. Hal tersebut dikarenakan alat-alat musik Sumatera Barat memiliki keunikan yang menarik dipelajari.

Apa saja alat musik tersebut? Berikut adalah rangkumannya yang dikutip dari laman Hai Bunda:

1. Talempong

Talempong adalah alat musik khas Sumatera Barat. Talempong memiliki bentuk menyerupai bonang dalam Gamelan Jawa. Perbedaannya dengan bonang dan talempong adalah dari suaranya.

Alat musik tradisional Talempong terbuat dari campuran bahan tembaga, seperti besi putih dan timah putih. Bentuk alat musik Talempong yaitu bulat dan pada bagian sisi atas serta bawahnya memiliki ukuran diameter yang berbeda, sehingga menghasilkan suara yang khas.

Tinggi alat music Talempong yaitu 8,5 cm hingga 9,4 cm. Sementara untuk diameter atasnya yaitu antara 17 cm hingga 18 cm. Tinggi dinding alat musik ini sekitar 5 cm hingga 6 cm. Diameter sisi bawah talempong sekitar 16,5 cm hingga 17 cm. Sementara untuk ukuran diameter pencu-nya sendiri antara 2 cm hingga 2,5 cm.

2. Bansi

Bansi adalah alat musik khas Sumatera Barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Bansi terbuat dari bambu berjenis tolang. Bansi juga termasuk dalam jenis alat musik aerofon.

Bansi memiliki panjang sekitar 33,5 cm sampai 36 cm dengan diameter sebesar 2,5 cm hingga 3 cm. Bansi memiliki tujuh lubang nada yang terletak di badannya. Bansi sering digunakan dalam berbagai acara Sumatera Barat khususnya upacara adat.

3. Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional yang menyerupai seruling bambu. Cara memainkan Saluang yaitu dengan cara ditiup pada bagian lubangnya.

Saluang sendiri terbuat dari bambu tipis atau talang. Salung berukuran 40 cm - 60 cm, memiliki diameter 3 cm - 4 cm. alat music ini memiliki empat lubang dan dapat menghasil irama yang menarik.

Itulah alat musik khas Sumatera Barat yang dapat dipelajari anak. Alat musik khas Sumatera Barat lainnya dapat dibaca di SINI.



Simak Video "Mengunjungi Tempat Pembuatan Alat Musik Tradisional Gong, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia