Asal Mula Julukan Unik 8 Kota di Dunia, Mengapa Ada yang Disebut Ujung Dunia?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 17 Des 2021 18:00 WIB
New York, New York, USA - April 15, 2013: Pedestrians stroll below the Flatiron Building. Finished in 1902, the landmark skyscraper was designated a City Landmark in 1966 and a National Historic Landmark in 1989.
Kota New York, Amerika Serikat yang punya julukan The Big Apple (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak sekali kota di dunia ini yang mempunyai berbagai julukan tersendiri. Misalnya, di Indonesia sendiri Kota Bandung dijuluki sebagai Paris van Java.

Di negara lain, kita biasa mendengar Kota New York disebut sebagai Big Apple atau Paris yang dijuluki City of Love. Bagaimana asal-usulnya kota-kota populer tersebut mendapat berbagai julukan demikian? Begini kisahnya.

Asal Mula Julukan 8 Kota Populer di Dunia

1. New York, The Big Apple

Kota New York memiliki banyak sebutan, mulai dari the City that Never Sleeps (Kota yang Tidak Pernah Tidur), Gotham, dan Big Apple.

Sejumlah sebutan ini sebetulnya telah dicatat pada awal tahun 1900-an. Akan tetapi, popularitasnya baru muncul pada 1920-an saat seorang jurnalis olahraga, John J. G. Gerald, membuat sebuah kolom balap kuda berjudul 'Around the Big Apple'. Julukan ini pun akhirnya mulai kondang sejak kampanye pariwisata di tahun 1970-an.

2. Jenewa, The Peace Capital

Jenewa adalah kota paling padat kedua di Swiss. Kota ini juga sangat dikenal dengan diplomasi mereka.

Jenewa tidak hanya tempat bagi markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), namun juga organisasi internasional lainnya seperti Palang Merah yang sekaligus didirikan di sana.

Jenewa adalah tempat Konvensi Jenewa yang merupakan perjanjian untuk memperbaiki dampak perang terhadap tentara dan warga sipil. Sehingga, cocok apabila Jenewa dijuluki 'The Peace Capital'.

3. Toronto, Muddy York

Julukan Muddy York untuk Kota Toronto sekarang ini tidak sepopuler dahulu. Julukan tersebut sebetulnya merujuk pada sejarah Kota Toronto yang dulunya tidak punya sistem drainase.

Sementara, kata 'York' sendiri merujuk pada saat pertama kali kota ini dikolonisasi. Saat itu, namanya adalah Town of York untuk menghormati Pangeran Frederick, Duke of York. Sekarang, sebutan Muddy York lebih mewakili tahun-tahun awal kota tersebut.

4. Ushuaia, The End of The World

Apabila manusia pergi berlayar ke Bumi bagian selatan, tentunya akan menemukan Antartika. Akan tetapi sebelum mencapai ke sana, orang akan sampai ke Ushuaia terlebih dulu.

Ushuaia adalah kota di wilayah Patagonia, Argentina. Kota ini sering dianggap sebagai kota paling selatan di dunia. Sehingga, kota tersebut dijuluki sebagai The End of The World atau El Fin del Mundo.

Sebetulnya masih ada kota yang letaknya secara teknis lebih ke selatan, yaitu Puerto Williams. Namun, julukan The End of The World tetap dipakai oleh pemerintah Argentina.

5. Mumbai, The City of Dreams

Mumbai adalah salah satu kota terpadat di India. Jumlah populasinya sekitar 18,4 juta orang.

Mumbai adalah kota perekonomian dan jantung Bollywood. Alasan-alasan ini membuat Mumbai menjadi kota yang kerap dituju untuk pindah. Karena dianggap bahwa kesempatan di sana tidak ada habisnya, Mumbai kerap disebut The City of Dreams.

6. Sydney, The Harbour City

Kota Sydney berlokasi di pantai tenggara Australia. Sydney pernah menjadi kota pelabuhan utama dan terkadang disebut sebagai Kota Pelabuhan. Salah satu bangunan paling terkenal di sana adalah Sydney Opera House yang berdiri tepat di pelabuhan.

7. Cairo, The City of a Thousand Minarets

Kairo adalah kota terbesar di Mesir sekaligus salah satu yang terbesar di Timur Tengah. Kota tersebut terkenal kaya dengan arsitektur Islam sehingga kerap dikenal juga sebagai The City of Thousand Minarets atau Kota Seribu Menara.

8. Paris, The City of Love

Paris mempunyai julukan The City of Love tanpa adanya definisi yang betul-betul pasti. Entah karena bahasa Prancis yang dianggap sebagai bahasa cinta atau jalan-jalan romantis yang ada di sepanjang Sungai Seine.

Paris memang mempunyai berbagai hal yang bersifat romantis, seperti kafe hingga Arts Bridge, di mana pasangan pada awal tahun 2000-an memasang gembok di sana sebagai wujud komitmen atas satu sama lain.

Itulah beberapa asal usul julukan unik berbagai kota di dunia. Kalian sudah mengunjungi yang mana nih, detikers?



Simak Video "Ekspresi Pelaku Penembakan di Kereta di New York saat Dibekuk Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia