10 Kota Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Dihuni Sejak 7000 Sebelum Masehi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 14 Des 2021 17:30 WIB
Kota Athena, Yunani
Foto: (Dok. Thinkstock)/Kota Tertua di Dunia
Jakarta -

Kota-kota tertua di dunia sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Beberapa kota tersebut telah meninggalkan kesan kuno dan berkembang menjadi kota modern.


Menurut catatan The Guardian, banyak peneliti harus bergulat dengan sejarah kapan sebuah pemukiman menjadi kota. Beberapa berpendapat bahwa transisi terjadi ketika suatu tempat membangun perdagangan, sementara yang lain mengaitkannya dengan pengembangan pipa ledeng.


Meski begitu, US News telah memasukkan 10 kota tertua di dunia yang terus dihuni hingga saat ini. Berikut daftarnya:


10 Kota Tertua di Dunia:


1. Susa, Iran

Tomb of Daniel in Sush (Susa), Iran.Bangunan di Kota Sush (Susa), Iran. Foto: Istockphoto/mathess

Kota kuno Susa atau yang sekarang disebut Shush, menjadi pemukiman kecil pada 7.000 SM dan berubah menjadi daerah perkotaan pada 4.200 SM, menurut Ensiklopedia Sejarah Kuno.


Pada 324 SM, kota itu adalah situs Pernikahan Susa, di mana Alexander Agung mengatur pernikahan lebih dari 10.000 orang Makedonia dan Persia dalam upaya untuk menyatukan budaya.


2. Argos, Yunani

Menurut World Atlas, kota Argos diperkirakan terus dihuni sejak sekitar 5.000 SM. Ensiklopedia Sejarah Kuno mencatat bahwa pada 700 SM, Argos, Sparta dan Paros mengadakan kompetisi musik pertama yang didokumentasikan di Yunani.


Argos adalah pusat budaya di Yunani kuno, dan penggalian modern telah mengarah pada penemuan kuil kuno, teater, dan tembikar.


3. Faiyum, Mesir

salah satu kota tertua di duniaFaiyum, salah satu kota tertua di dunia Foto: doc. istimewa/detiktravel

Pada zaman kuno, Faiyum adalah sebuah oasis besar di Mesir yang dikenal karena kesuburannya dan kedekatannya dengan cabang Sungai Nil.


Manusia hadir di wilayah itu sekitar sebelum 7.200 SM, dan membangun komunitas pertanian pertamanya sekitar tahun 5.200 SM, menurut Ensiklopedia Sejarah Kuno.


Wilayah ini akhirnya menjadi rumah bagi beberapa desa dan kota, dan terkenal dengan Potret Faiyum, koleksi topeng mumi. Faiyum modern terletak di tengah Faiyum Oasis.


4. Sidon, Lebanon

Sidon, yang berarti "perikanan" dalam bahasa Yunani, adalah kota pelabuhan sekitar 25 mil dari Beirut. Kota tersebut dihuni sejak 4.000 SM, menurut Ensiklopedia Sejarah Kuno.


5. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv Bulgaria sebagai kota tertuaPlovdiv Bulgaria sebagai kota tertua Foto: bulgariatravel.org/detiktravel

Sisa-sisa pemukiman manusia di Plovdiv berasal dari 7.000 SM. Bangsa Romawi menduduki Plovdiv pada tahun 46 M dengan membangun jalan, menara, dan saluran air di kota. Banyak reruntuhan kuno yang masih berdiri di kota saat ini berasal dari periode tersebut.


6. Athena, Yunani

Kota Athena, YunaniKota Athena, Yunani Foto: (Dok. Thinkstock)

Bukti tempat tinggal manusia di Athena sudah ada sejak 5.000 SM. Selama zaman keemasan Athena, kota ini adalah rumah bagi para pemikir dan penulis hebat, termasuk Socrates dan Hipocrates.


7. Byblos, Lebanon

Flag of Lebanon at the Crusader Castle in ByblosBangunan di Kota Byblos Foto: Getty Images/iStockphoto/Leonid Andronov

Byblos adalah sebuah kota pelabuhan di pantai Mediterania yang dihuni sejak 5.000 SM. Menurut Ensiklopedia Sejarah Kuno, papirus yang menjadi salah satu barang perdagangan utama kota di zaman kuno, membuat orang Yunani mengambil nama kota sebagai kata mereka untuk buku - "biblos."


8. Jericho, West Bank

Kota Jericho, kota tua PalestinaKota Jericho, kota tua Palestina Foto: (Dok. Istimewa)

Jericho adalah sebuah kota di wilayah Palestina, yang sudah ada sejak sekitar 9.000 SM. Kota ini juga menjadi rumah bagi tembok pelindung tertua yang diketahui di dunia - Tembok Yerikho - yang pada satu titik tingginya hampir 12 kaki dan dibangun sekitar 8.000 SM


9. Beirut, Lebanon

Penggalian pada tahun 1990-an menemukan bukti 5.000 tahun peradaban, berasal kota, yang sekarang menjadi ibu kota Lebanon, sekitar 3.000 SM, menurut New York Times.


Beirut adalah rumah dari sekolah hukum paling terkemuka di Kekaisaran Romawi sebelum dihancurkan dalam gempa bumi pada tahun 551 M.


10. Aleppo, Suriah

Kota Aleppo di SuriahKota Aleppo di Suriah Foto: (Syrian Ministry of Tourism/Facebook)

Meskipun usia pasti Aleppo tidak diketahui, sebuah kuil kuno yang ditemukan di kota itu berasal dari sekitar 3.000 SM, menurut ke Encyclopedia Britannica.


Perkiraan lain menyebutkan Aleppo setidaknya 5.000 SM Kota modern telah hancur oleh perang saudara yang panjang dan keras, dan setidaknya 30 persen dari kota kuno Aleppo, sebuah situs warisan UNESCO, telah dihancurkan.


Nah, itulah 10 kota tertua di dunia yang sudah dihuni sejak ribuan tahun sebelum masehi. Semoga menambah wawasan detikers, ya?



Simak Video "Cekrak-cekrek Berpose Seru Dengan Manusia Batu Diantara Deretan Gedung-gedung Kolonial, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia