Benarkah Ikan Tidur dengan Mata Terbuka?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 13 Des 2021 17:30 WIB
Ilustrasi ikan zebra
Foto: Ilustrasi/thinkstock/Ikan Tidur dengan Mata Terbuka
Jakarta -

Pernahkah bertanya-tanya bagaimana cara ikan tidur? apakah dengan mata tertutup atau terbuka? Layaknya manusia ternyata ikan juga tetap bisa tidur untuk mengistirahatkan fisiknya.


Meski ikan terlihat terus-menerus berenang tanpa pernah berhenti, tapi sebenarnya mereka perlu istirahat dari waktu ke waktu.


Berbeda dengan manusia yang tidur dengan mata tertutup dan tidur pada malam hari, ikan melakukan tidur dengan cara yang berbeda.


Jika kamu pernah mengamati ikan cukup lama, maka akan melihat bahwa ikan-ikan juga istirahat. Ada periode waktu tertentu ketika ikan tampak melayang di tempat dan tidak melakukan pergerakan.


Pada kondisi itu berarti ikan sedang tidur. Mereka bisa tidur kapan saja di waktu siang atau malam hari, dilansir dari wonderopolis.org.


Tidur dengan Mata Terbuka


Meski melayang dan tidak bergerak namun faktanya ikan tidur dengan mata terbuka. Hal ini membuat ikan tampak tidak tidur dan terus berenang.


Padahal kondisi ikan tidak menutup mata karena mereka tidak memiliki kelopak mata kecuali pada beberapa jenis hiu, mereka memiliki kelopak mata.


Ikan tidak memiliki kelopak mata karena mereka tidak membutuhkannya di bawah air sebab debu tidak dapat masuk ke mata mereka.


Respon Lambat Saat Tidur


Jika kamu memasukkan makanan ke dalam akuarium pada waktu ikan terdiam dan terlihat melayang, kamu akan memperhatikan bahwa ikan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons.


Hal itu kurang lebih sama ketika manusia mungkin kesulitan untuk langsung bangun dari tidur malam yang nyenyak.


Tetap Bergerak dalam Tidur


Terkadang, banyak orang melihat ikan yang mulai bergerak pertanda bahwa mereka bangun dari tidurnya. Padahal kebanyakan ikan memang perlu terus bergerak bahkan ketika mereka sedang tidur.


Kondisi tersebut berguna menjaga aliran air yang konstan melewati insang mereka untuk mempertahankan tingkat oksigen yang tepat dalam tubuh.


Untuk beberapa ikan yang lebih besar, seperti hiu, biasanya berupa berenang lebih lambat saat tidur. Sedangkan ikan yang lebih kecil mungkin tidak bisa melakukan apa-apa selain sesekali menggerakkan siripnya.


Jenis ikan tertentu dikenal tidur dengan cara yang lebih mirip dengan manusia yakni di malam hari. Misalnya, ikan yang hidup di dekat terumbu karang, yang tetap aktif sepanjang hari dan kemudian bersembunyi di celah-celah karang pada malam hari untuk menghindari pemangsa.



Simak Video "Aksi Ikan Mas Dilatih 'Nyetir' Robot Akuarium di Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia