3 Cara Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual dari Pakar UB

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 12:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kabar mengenai kekerasan seksual akhir-akhir ini marak terjadi. Sebagai orang tua tentu kabar ini menjadi perhatian dan membuat was-was, pasalnya kekerasan seksual dapat terjadi pada siapa saja dan umumnya dialami oleh perempuan.

Namun jangan khawatir, kekerasan seksual dapat diminimalisir dengan memberikan edukasi dan perhatian yang tepat kepada anak.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB), Sholih Muadi mengatakan anak adalah aset generasi yang akan datang sehingga harus dipersiapkan dan dijaga dengan baik termasuk menghindarinya dari kekerasan seksual.

"Anak anak ini rentan pada hal terkait kejahatan, pelecehan seksual. Penting agar anak anak kita dapat perlindungan yang cukup," ucap Sholih yang dikutip dari laman UB, Kamis (9/12/2021).

Dekan Fisip UB itu pun memberikan tiga tips agar anak terhindar dari pelecehan seksual. Berikut adalah penjelasannya:

1. Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak

Edukasi seksual merupakan hal yang penting dan harus diajarkan orang tua pada anak. Dosen Ilmu Politik tersebut menjelaskan pendidikan seksual bukan merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan.

"Kadang kita menganggap tabu soal Pendidikan seksual kepada anak padahal ini penting untuk dilakukan," ujar Sholih.

2. Mengontrol Pemakaian Gadget

Hal kedua yang harus dilakukan agar anak terhindar dari kekerasan seksual https://www.detik.com/tag/kekerasan-seksual adalah mengontrol pemakaian gadget pada anak. Menurut Dr Sholih, adanya Facebook, Instagram dan media sosial lain membuat anak anak tiap hari memegang handphone.

"Kalau misal masa pandemi seperti sekarang lazim anak anak pakai HP untuk sekolah daring tapi apakah kita bisa sepenuhnya mengontrol pemakaian HP itu untuk kepentingan yang positif," ujar Sholih.

Ia berpendapat kekerasan seksual pada anak dapat muncul dari penggunaan handphone yang tidak terkontrol. Menurutnya pelecehan seksual dapat muncul dari hal sederhana seperti chatting melalui handphone.

3. Membuat Guide Pada Anak

Sebagai orang tua, membuat aturan yang jelas mengenai penggunaan gadget adalah hal yang harus dilakukan.

"Ini tentu tantangan ke depan bagi para orang tua sebab hal seperti ini bisa berkembang ke arah yang lebih negatif. Di level keluarga perlu buat semacam guide untuk meminimalkan hal yang negatif," jelas Sholih.

Demikianlah tips agar anak terhindar dari kekerasan seksual. Yuk ajarkan anak dari sekarang.



Simak Video "Formula Cegah Kekerasan Seksual Anak di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia