10 Skill Pekerjaan yang Dibutuhkan Setelah Pandemi, Kamu Sudah Punya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 08 Des 2021 16:00 WIB
ilustrasi bekerja
Foto: ilustrasi/thinkstock/Ilustrasi Bekerja
Jakarta -

Pandemi telah banyak mengubah dunia pekerjaan seperti sistem Work From Home (WFH), virtual meeting, hingga kolaborasi secara online.


Dengan adanya kebiasaan baru di dunia pekerjaan, calon pekerja perlu melakukan adaptasi dengan cepat agar tidak tertinggal. Caranya adalah dengan meningkatkan skill yang ada di dalam diri.


Karena di masa depan, skill pekerjaan tersebut akan sangat diperlukan di berbagai bidang dan perusahaan, terutama setelah pandemi reda atau usai.


Lantas apa saja skill tersebut? Berikut rangkumannya dikutip dari laman Kampus Universitas Bina Nusantara (Binus).


10 Skill Pekerjaan yang Dibutuhkan Setelah Pandemi:


1. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Dalam dunia kerja, pasti akan banyak masalah yang datang dalam berbagai bentuk. Contohnya masalah komunikasi antar karyawan karena kesalahpahaman yang sering terjadi.


Kemampuan ini sangat dibutuhkan guna mencari solusi atas permasalah tersebut. Masalah akan selalu ada, tetapi ketika solusi telah tersedia, harapannya tidak akan terulang dan belajar dari hal tersebut.


2. Kreatif

Berlatih untuk menjadi orang yang kreatif adalah hal yang sangat berguna. Karena dari orang kreatif akan ada ide-ide baru yang terus bermunculan dan bermanfaat untuk banyak orang.


Kreativitas dapat diasah dengan banyak membaca buku, menonton berita, atau menonton video dan film. Dengan banyaknya ilmu yang kamu cari, kamu akan menemukan peluang untuk inovasi baru untuk kehidupan di masa depan.


3. Kepemimpinan

Meskipun kamu tidak tertarik dalam dunia Leadership namun mempelajari dan mampu menguasai sikap kepemimpinan sangat dibutuhkan.


Kepemimpinan dapat dilatih dengan keberanian untuk melihat peluang ketika kesempatan itu datang.


4. Kemampuan Negosiasi

Kemampuan untuk bernegosiasi penting dimiliki sebagai bekal saat melakukan kerja sama bisnis dengan pihak lain. Kunci dari negosiasi adalah mampu meyakinkan orang lain untuk percaya terhadap apa yang kamu katakan.


5. Kemampuan Mengambil Keputusan

Keputusan yang tepat akan membawa pekerjaan pada hasil yang baik. Kamu perlu menilai sesuatu secara objektif, bukan secara subjektif.


Hal ini akan membantu kamu menjadi pengambil keputusan yang bijak bagi setiap orang. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, berlatihlah untuk mempertimbangkan segala hal dengan banyak membaca buku serta belajar dari pengalaman orang lain.


6. Kemampuan Mengendalikan Emosi

Tekanan yang terus datang dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi menjadikan kamu harus mampu mengendalikan setiap emosi.


Kamu harus bisa mengeluarkan emosi tersebut di saat yang tepat agar bisa terbebas dari perasaan stress dan tertekan.


Tetap berperilaku profesional dan jangan mudah terpengaruh oleh emosi sesaat yang dapat mendatangkan masalah.


7. Kerja Sama Tim

Dunia pekerjaan saat ini sudah bukan lagi era kompetisi, tetapi kolaborasi. Untuk menciptakan kolaborasi yang baik, kamu harus memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim.


Berawal dari kolaborasi yang baik akan terbentuk tim yang solid sehingga kerja sama terus dapat dilakukan tanpa banyak terjadi kesalahpahaman.


8. Manajemen Waktu

Dalam dunia kerja, menjadi orang yang tepat waktu sangatlah berharga. Kamu akan dihargai oleh orang lain saat mampu menghargai waktu yang sudah mereka berikan.


Mulailah dengan membuat timeline atau jadwal untuk kegiatan sehari-hari. Kamu juga harus bisa mengontrol diri dalam menghabiskan waktu antara bekerja, belajar, bermain dan sosial media.


9. Berpikir Kritis

Pada era teknologi seperti saat ini, semua informasi bisa datang dan diperoleh dari mana saja dan kapan saja.


Dengan memiliki pola pikir yang kritis ini kamu dapat menyaring setiap informasi yang diterima lalu membagikannya secara bijak. Karena dari informasi yang dibagikan tanpa disaring terlebih dahulu akan membuat seseorang terlihat kurang profesional.


10. Networking

Memiliki networking sangat berpengaruh dalam membangun karier. Semakin luas networking yang kamu bangun akan semakin besar datangnya peluang dan kesempatan.


Lakukan banyak kegiatan di komunitas dan organisasi atau ikuti banyak konten yang bisa mendukung karier kamu dengan baik.


Nah, itulah 10 skill pekerjaan yang dibutuhkan setelah pandemi. Apakah detikers sudah punya?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia