Siswa Tahu Nggak Sih, Berapa Kali Mata Berkedip dalam Sehari?

Lusiana Mustinda - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 14:00 WIB
close up of beauty woman pointing her eye
Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta - Berkedip sangat penting untuk kesehatan mata. Ini akan membantu mata tetap lembab dan teroksigenasi dan membersihkan kotoran dari mata kamu.

Tidak semua orang berkedip dengan kecepatan sama, tetapi ada kecepatan rata-rata untuk berapa kali kebanyakan orang berkedip dalam satu menit, jam, atau hari.

Berapa kali kamu berkedip dalam sehari?

Rata-rata kebanyakan orang berkedip sekitar 15 hingga 20 kali setiap menit. Dikutip dari Healthline, berikut frekuensi kamu berkedip:

900-1.200 kali per jam
14.400 - 19.200 kali sehari
100.800 - 134.400 kali seminggu
Antara 5,2 dan 7,1 juta kali setahun

Setiap kedipan berlangsung antara 0,1 dan 0,4 detik. Mengingat berapa kali rata-rata orang berkedip per menit, ini membuat sekitar 10 persen dari waktu kita bangun.

Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan seberapa sering kamu berkedip berdasarkan jenis kelamin atau usia.

Kenapa sih kamu berkedip?

Berkedip sangat penting untuk kesehatan mata kita. Bahkan berkedip memiliki beberapa hal penting yang perlu kita ketahui:

1. Membersihkan kotoran dari mata seperti partikel kecil dari udara, air mata kering, dan sel-sel mati.
2. Membawa nutrisi dan zat lain ke mata yang membantu menjaganya tetap sehat.
3. Membasahi mata serta mencegah mata kering dan mengurangi risiko masalah dengan lapisan air mata.
4. Membawa oksigen ke mata

Apa yang terjadi kalau kita tidak berkedip?

Jika mata kita tidak berkedip, kornea mata bisa membengkak karena kornea tidak memiliki pembuluh darah sehingga membutuhkan oksigen dari lapisan air mata yang didapatkan saat berkedip.

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan pembengkakan kornea. Kornea mata bahkan akan sedikit membengkak saat kamu tidur, tetapi kembali normal segera setelah bangun.

Apa yang menyebabkan kita lebih jarang berkedip?


Salah satu hal yang membuat mata kita jarang berkedip adalah saat melihat komputer. Untuk memerangi sindrom penglihatan komputer, cobalah beberapa tips ini:

1. Sering beristirahat dan gunakan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, alihkan pandangan dari komputer dan istirahatkan mata pada sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.
2. Menggunakan obat tetes mata.
3. Menyesuaikan pencahayaan atau posisi layar untuk mengurangi silau.

Meskipun begitu, terlalu sering berkedip juga bisa jadi tanda penyakit pada mata yakni iritasi mata atau adanya goresan pada kornea. Dalam kasus yang jarang terjadi, sering berkedip bisa jadi tanda adanya gangguan kejang (terutama pada anak-anak), sindrom Tourettw hingga penyakit Wilson.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia