Hewan Ini Punya 5 Mata dan Organ Pendengarannya Ada di Perut, Bisa Tebak?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 03 Des 2021 08:30 WIB
Personel TNI dari Yonif 407/Padma Kusuma melakukan patroli patok di Desa Seriang, Kecamatan Badau, Kalimantan Barat. Patroli dilakukan untuk meninjau batas teritorial Indonesia-Malaysia.
Hutan tropis dataran rendah seperti hutan Kalimantan merupakan habitat hewan unik ini. Bisakah kamu tebak jenis hewan tersebut? ( Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Beberapa hewan di dunia ini sebetulnya ada yang mempunyai mata lebih dari dua. Sebagian ikan, amfibi, dan reptil, dikatakan dalam Science Focus, mempunyai mata ketiga yang sederhana di atas kepalanya.

Sel peka cahaya yang mereka miliki ini tidak berdampak signifikan terhadap penglihatan, tetapi beberapa dari mereka terbantu untuk mengukur suhu tubuh dan menavigasi menggunakan cahaya matahari.

Invertebrata juga banyak yang memiliki lebih dari dua mata, seperti laba-laba contohnya. Kebanyakan laba-laba mempunyai delapan mata yang membantu mereka berburu mangsa.

Selain beberapa hewan di atas, contoh lain hewan yang mempunyai mata lebih dari dua adalah belalang. Hewan ini mempunyai lima mata di tubuhnya dan organ pendengaran yang terletak di area perut yang menempel di dada. Hewan ini juga memiliki beberapa karakteristik unik lainnya, seperti apa?

Karakteristik Unik Belalang

Mengutip dari ensiklopedia Britannica, belalang kebanyakan ditemukan di hutan tropis dataran rendah. Mereka mempunyai tubuh berwarna hijau hingga olive atau cokelat. Belalang juga bisa memiliki bercak merah atau kuning di tubuhnya.

Belalang mempunyai beberapa hal menarik pada tubuhnya. Meskipun organ untuk merasakan ada di mulutnya, tetapi organ reseptor bau ada di antenanya.

Selain itu, organ pendengaran belalang yang dinamakan organ timpani terletak di segmen pertama perutnya yang menempel di dada.

Belalang melihat menggunakan mata majemuk, namun perubahan intensitas cahaya dirasakan di mata sederhana atau ocelli.

Dikatakan juga dalam buku Grasshoppers karangan Suzanne Slade, belalang mempunyai lima mata di kepalanya. Dua mata besarnya itulah yang dinamakan mata majemuk.

Masing-masing mata majemuk tersebut mempunyai ratusan lensa kecil untuk melihat gerakan. Tiga mata lainnya berukuran kecil dan terletak di antara mata majemuk. Fungsi ketiga mata kecilnya ini adalah untuk melihat kegelapan dan cahaya.

Meski berukuran kecil, belalang dapat melompat sejauh 20 kali panjang tubuhnya. Ini karena hewan tersebut mempunyai otot yang kuat di masing-masing belakang kaki.

Menariknya, keenam kaki hewan ini ada di bagian dadanya. Bagian tubuh belalang yang panjang, justru adalah perutnya.



Simak Video "Super Langka! Ini Penampakan Bayi Puma Albino di Kolombia"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia