Mengapa Bunga Mengeluarkan Bau Harum? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 13:30 WIB
Ilustrasi bunga aprikot, tanaman hias
Foto: Getty Images/miljko
Jakarta -

Banyak orang yang menyukai parfum dari wangi bunga. Apa detikers pernah terpikir mengapa bunga mengeluarkan harum?

Secara ilmiah, bau harum yang dikeluarkan bunga bertujuan untuk menarik serangga dan burung yang akan membuahi bunga. Bunga bergantung pada hewan saat penyerbukan, sebaliknya hewan juga bergantung pada tumbuhan untuk mentransfer serbuk sari dari bunga ke bunga untuk membuahi mereka.

Serbuk sari sendiri adalah alat kelamin pada bunga yang setara dengan sperma. Menurut penelitian dari University of Wisconsin-Madison. Ketika lebah atau serangga lain mengunjungi bunga, ia mengambil serbuk sari.

Saat proses penyerbukan ini banyak lebah yang yang minum nektar atau mengumpulkan serbuk sari. Lebah-lebah tersebut menyimpan sebagian serbuk sari pada bunga dan kemudian membuahinya.

Kemudian beberapa bunga menggunakan angin atau hanya gravitasi yang membantu proses penyerbukan, tetapi banyak tanaman yang bergantung pada penyerbuk. Dari situlah asal aroma bunga.

Melansir dari laman Reconnect With Nature, bunga menghasilkan harum untuk membantu menarik serangga dalam proses penyerbukan. Harum setiap bunga juga berbeda-beda. Tidak ada dua bunga yang memancarkan aroma yang sama. Hal tersebut dikarenakan aroma bunga diciptakan oleh berbagai senyawa organic yang mudah menguap.

Jumlah senyawa ini dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain adalah yang menciptakan aroma tertentu. Bunga sendiri mengeluarkan aroma paling harum saat siang hari ketika serangga yang mereka gunakan untuk penyerbukan aktif.

Bunga yang menggunakan kupu-kupu dan lebah untuk penyerbukan paling harum di siang hari. Sedangkan tanaman yang diserbuki oleh ngengat akan mengeluarkan harum saat malam hari. Beberapa bunga bergantung pada satu jenis serangga tertentu untuk penyerbukan, sehingga aroma mereka sangat khusus ditujukan untuk menarik serangga itu.

Tidak semua bunga mengeluarkan harum, ada beberapa bunga yang mengeluarkan bau busuk seperti bunga bangkai. Bau busuk dari bunga bangkai memiliki tujuan untuk menarik kumbang bangkai dan lalat daging.

Kedua serangga tersebut tertarik pada bau busuk dan dengan bau tersebut mereka akan bertelur. Bunga bangkai sendiri dapat bertahan bertahun-tahun tanpa mekar.



Simak Video "Penampakan Bunga Bangkai di Depan Rumah Warga Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia