Apa Arti Emigrasi, Imigrasi, Transmigrasi, dan Urbanisasi? Ini Contohnya

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 10:00 WIB
Ilustrasi Transmigrasi
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Emigrasi dan imigrasi disebut dengan migrasi internasional, karena terjadi antar negara. Istilah tersebut muncul karena banyak di antara penduduk yang melakukan mobilitas atau perpindahan selama hidupnya.

Secara umum, mobilitas bisa dilakukan dalam jarak antar daerah, kota, provinsi, bahkan antar negara. Berbagai perpindahan atau pergerakan itu dinamakan mobilitas penduduk.

Adapun pergerakan atau perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainnya disebut dengan migrasi. Misalnya, perpindahan penduduk dari dalam ke luar negeri.

Dilansir dari buku Pengetahuan Sosial Geografi oleh Idianto Mu'min, mobilitas permanen merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain untuk tujuan menetap, jangka waktunya adalah sekitar tiga bulan. Apabila kurang dari tiga bulan, maka dianggap belum menetap.

Dalam migrasi internasional, terdapat istilah emigrasi, imigrasi dan remigrasi. Sementara, pada migrasi internal terdapat istilah transmigrasi dan urbanisasi.

Proses perpindahan tersebut mengakibatkan jumlah kepadatan penduduk dalam kepadatan populasi manusia di suatu wilayah akan berubah tiap waktunya.

Perubahan tersebut bisa berupa pengurangan maupun pertambahan penduduknya. Keadaan perubahan jumlah kepadatan penduduk di suatu tempat disebut dengan dinamika penduduk.


Dikutip dari buku Biologi Kelas VII oleh Agung Wijaya, jumlah penduduk akan meningkat apabila angka kelahiran (natalitas) lebih besar dari kematian (mortalitas), atau jika imigrasi lebih besar daripada emigrasi.

Adapun penyebab atau faktor terjadinya dinamika penduduk yakni emigrasi, imigrasi, transmigrasi, dan urbanisasi. Perbedaan dari ketiganya terletak pada tujuan.

Pengertian Emigrasi, Imigrasi, Transmigrasi, dan Urbanisasi:

Emigrasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emigrasi juga diartikan sebagai keberangkatan keluar dari suatu negara untuk tujuan hidup atau tinggal menetap di negara lain. Orang yang melakukan emigrasi disebut dengan emigran.

Umumnya, suatu emigrasi dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan pendidikan. Contoh emigrasi adalah ketika warga negara Indonesia bermigrasi dan menetap di negara Australia untuk kuliah.

Imigrasi

Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari luar negeri ke sebuah negara lain. Maka, proses masuknya warga negara asing ke negara lain disebut dengan imigran.

Disebut Imigrasi jika kita masuk ke suatu negara oleh negara tujuan. Sementara, proses kembalinya penduduk ke negara asalnya setelah berpindah atau menetap di negara asing disebut remigrasi.

Transmigrasi

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduknya, ke pulau yang tidak terlalu padat atau jarang penduduknya. Transmigrasi sering ditemukan di Indonesia.

Orang yang melaksanakan suatu program transmigrasi disebut transmigran. Transmigrasi di Indonesia biasanya dilakukan antar pulau, misalnya dari pulau Jawa ke Sumatra dan pulau lainnya.


Urbanisasi

Perpindahan penduduk dari suatu wilayah pedesaan ke wilayah kota. Orang yang melakukan urbanisasi disebut urbanisasi. Contoh urbanisasi misalnya ada seseorang yang pergi dari desa ke Ibu Kota Jakarta, untuk bekerja.

Pengertian urbanisasi juga mencakup proses perubahan situasi kehidupan desa menjadi situasi perkotaan. Hal itu bisa dilihat dari berkembangnya penduduk daerah pinggiran kota (sub-urban), menjadi daerah dengan suasana kota (urban).

Kepadatan penduduk di suatu tempat juga akan menimbulkan berbagai pengaruh dan dampak terhadap lingkungannya.

Di antaranya ketersediaan tempat tinggal atau lahan, ketersediaan gizi makanan, ketersediaan air bersih, hingga berakibat pada kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, secara historis proses imigrasi sebenarnya telah memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan budaya yang besar bagi negara.

Adanya beragam pengalaman imigrasi yang panjang juga telah menghasilkan perkembangan masyarakat multikultural.

Hal ini dicirikan oleh keragaman budaya dan etnis yang luas di banyak negara modern, yang berasal dari periode imigrasi sebelumnya.

Nah, itulah penjelasan dinamika penduduk yang berupa emigrasi, imigrasi, transmigrasi, dan urbanisasi. Sekarang detikers sudah paham kan perbedaannya?



Simak Video "Ini Tampang WNA Asal Iran Pembakar Ruang Imigrasi Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia