Mengenal Banjir Rob yang Merendam Sunda Kelapa hingga Muara Angke

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 04 Des 2021 16:20 WIB
Menurut data dari BPBD DKI Jakarta, sebanyak 13 RT di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara terkena dampak rob atau banjir pesisir.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Banjir rob terjadi di Sunda Kelapa hingga Muara Angke, Jakarta Utara. Banjir rob sendiri sudah menggenangi kawasan Sunda Kelapa dan Mura Angke sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

"Untuk genangan air di wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa dan Muara Angke dikarenakan terjadinya air rob," ujar Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko Putra ]melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Banjir rob adalah banjir yang terjadi akibat naiknya permukaan air laut menuju daratan di sekitarnya. Banjir rob sering terjadi di wilayah-wilayah yang berada di pinggir laut.

Banjir rob yang terjadi di suatu daerah akan semakin tinggi saat permukaan tanah di suatu area tersebut turun. Penyebab turunnya permukaan di suatu wilayah tersebut adalah air tanah yang terlalu banyak diambil, atau banyaknya pembangunan yang dilakukan di wilayah tersebut.

Banjir rob disebabkan oleh beberapa faktor yaitu adalah adalah topan atau badai tropis. Kemudian gelombang tinggi yang disebabkan oleh faktor meteorologi yang memicu terjadinya banjir rob di sejumlah wilayah.

Penyebab Banjir Rob

Dikutip dari kanal kebencanaan Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), banjir rob juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal yaitu sebagai berikut:

1. Dorongan air.

2. Angin, atau swell (gelombang yang bergerak dengan jarak sangat jauh meninggalkan daerah pembangkitnya).

3. Badai di laut.

4. Pencairan es kutub yang dipicu oleh pemanasan global.

5. Aktivitas manusia juga dapat memicu munculnya banjir rob, misalnya air tanah yang berlebihan, pengerukan alur pelayaran, hingga reklamasi pantai.

Selain itu, eksploitasi lahan pesisir oleh manusia dapat menyebabkan penurunan muka air tanah yang memicu penurunan permukaan tanah dan intrusi air laut.

Dampak Banjir Rob

Banjir rob dapat berdampak dalam berbagai aspek kehidupan seperti mengubah fisik lingkungan, penurunan kualitas lingkungan, dan kerugian ekonomi.

Banjir rob juga dapat mengganggu lajur lalu lintas di beberapa titik yang tergenang air bahkan kerusakan jalan.

Selain materi dan lingkungan, dampak bagi masyarakat juga bisa dirasakan secara fisik. Mulai dari potensi penularan penyakit hingga fisik yang terkuras karena harus membersihkan rumah dari sapuan banjir rob.



Simak Video "Penampakan Banjir Rob yang Menerjang Muara Angke Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia