Istana Chihil Sutun dengan 40 Pedestal, Bukti Kejayaan Islam Era Safawi

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 03 Des 2021 17:00 WIB
The sun shines behind the Omar Mosque in Berlins Kreuzberg district just hours before the start of the Muslim holy fasting month of Ramadan on April 23, 2020. (Photo by David GANNON / AFP)
Ilustrasi masjid/Istana Chihil Sutun yang menjadi bukti kejayaan Islam. Foto: AFP/DAVID GANNON
Jakarta - Istana Chihil Sutun adalah bukti kejayaan Islam yang masih bisa ditemui di Isfahan, Iran. Dikutip dari buku Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas XII karya H Abu Achmadi, Sungarso, situs ini dibangun dinasti Safawi.

"Isfahan adalah kota terkenal di Persia yang menjadi ibukota dinasti Safawi. Kota ini merupakan gabungan dua wilayah serupa yang dibangun sebelumnya. Wilayah tersebut adalah Jayy tempat berdirinya Syahrastan dan Yahudiyyah yang didirikan Buchtanashshar atau Yazdajir I," tulis buku tersebut.

Chihil Sutun seakan-akan memiliki 40 pedestal sesuai arti namanya. Pedestal adalah kolom dengan ukuran dan fungsi mirip kolom utama pada bangunan. Pedestal biasanya dibuat lebih pendek daripada kolom utama, yang dibangun setinggi dinding.

Pedestal artinya adalah tiang yang dibangun untuk menyangga bangunan. Chihil Sutun sebetulnya memiliki 20 tiang yang dibangun di seluruh kawasan istana. Namun adanya kolam dan cermin yang mempengaruhi pencahayaan, jumlah pedestal terlihat 40 buah.

Dikutip dari situs Archnet, istana Chihil Sutun adalah satu dari dua paviliun yang dibangun Dinasti Safawi. Paviliun ini sebagian besar dibangun kembali pada 1706 dengan menyertakan 20 pedestal berupa kolom kayu yang menjadi ciri khas arsitekturnya.

Istana Chihil Sutun dipulihkan Istituto Italiano per il Medio ed Estremo Oriente (IsMEO) bersama situs bersejarah lain di Iran, yaitu Ali Qapu dan Hasht Behesht. IsMEO bekerja sama dengan organisasi nasional untuk konservasi bangunan di Iran Nochmi.

Proyek pemulihan istana Chihil Sutun selesai pada 1977 dan menerima penghargaan Aga Khan untuk arsitekturnya pada 1980. Chihil Sutun saat ini menjadi Museum Safawi yang terbuka bagi masyarakat umum.

Simak Video "Perjanjian Nuklir Iran Nyaris Dekati Titik Temu"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia