Lagu Cik Cik Periuk, Asalnya dari Mana Ya?

Kristina - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 19:00 WIB
ilustrasi menyanyi
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Setiap provinsi di Indonesia memiliki lagu daerah yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Salah satunya lagu Cik Cik Periuk.

Lagu Cik Cik Periuk adalah lagu daerah masyarakat Kalimantan Barat, tepatnya wilayah Sambas. Menurut beberapa sumber, konon, lagu ini diciptakan oleh masyarakat setempat sebagai sindiran bagi para pendatang di daerah tersebut.

Lirik Lagu Cik Cik Periuk

Seperti lagu daerah lainnya, lagu Cik Cik Periuk diciptakan menggunakan bahasa daerah masyarakat setempat. Berikut lirik lagu Cik Cik Periuk.

Cik cik periuk belanga' sumping dari Jawe
Datang nek kecibok bawa' kepiting dua' ekok
Cik cik periuk belanga' sumping dari Jawe
Datang nek kecibok bawa' kepiting dua' ekok
Cak cak bur dalam belanga', idong picak gigi rongak
Sape ketawa' dolok dipancung raje tunggal, hei!

Budaya Kalimantan Barat Lainnya

Selain lagu Cik Cik Periuk, Kalimantan Barat memiliki dua jenis alat musik tradisional yang cukup terkenal. Keduanya adalah Sampek dan Gerdek. Sampek merupakan alat musik sejenis gitar, sedangkan Gerdek merupakan alat musik sejenis seruling namun terbuat dari tempurung kelapa.

Masyarakat Kalimantan Barat juga memiliki berbagai tarian daerah. Beberapa di antaranya seperti tari Dentang Semarang, tari Seri Kuning, tari Mak Yong, tari Monong, dan tari Jepin Sambas.

Untuk diketahui, sebagian besar wilayah Kalimantan Barat berupa daratan berdataran rendah. Meski demikian, wilayah ini juga memiliki puluhan pulau besar dan kecil. Beberapa pulau besar antara lain Pulau Karimata, Pulau Bawa, dan Pulau Penebangan.



Simak Video "Balenggang Patah-Patah, Menikmati Hiburan Musik Daerah Manado Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia