7 Lirik Lagu Daerah Jawa Tengah beserta Maknanya

Olivia Sabat - detikEdu
Rabu, 10 Nov 2021 14:45 WIB
Ada yang unik saat acara prosesi pemasangan bleketepe dan siraman Kahiyang Ayu di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017). Sejumlah jurnalis televisi memakai pakaian adat khas Jawa saat melaporkan berita.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pada umumnya, lagu daerah Jawa Tengah memiliki lirik sederhana dengan nada yang ringan. Namun, nyatanya lagu daerah Jawa Tengah memiliki makna dan filosofi yang dalam.

Simak lirik lagu daerah Jawa Tengah beserta maknanya di bawah ini:

Lagu Daerah Jawa Tengah

Berikut ini lirik 7 lagu daerah Jawa Tengah beserta maknanya yang dikutip dari buku Kumpulan Lagu Daerah yang ditulis oleh Fuad S.

1. Suwe Ora Jamu

Suwe ora jamu jamu godhong telo
Suwe ora ketemu ketemu pisang awe gelo
Suwe ora jamu jamu godhong telo
Suwe ora ketemu ketemu pisang awe gelo

Suwe Ora Jamu merupakan salah satu lagu yang cukup terkenal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lagu ini diciptakan oleh R.C Hardjosubroto dengan lirik yang sederhana, tetapi penuh makna.

Suwe Ora Jamu memiliki nada yang riang dan ringan untuk dinyanyikan. Maksud di balik lagu ini adalah tentang dua orang yang telah lama tidak bertemu dan ketika bertemu malah mengecewakan.

2. Gundul Pacul

Gundul gundul pacul cul gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sakratan
Wakulngglimpang segane dadi sakratan

Gundul-Gundul Pacul adalah lagu anak-anak berbahasa Jawa yang cukup populer. Di balik lagunya yang sederhana, ternyata ada makna filosofi yang mendalam, lho.

Gundul-Gundul Pacul memiliki makna untuk mengingatkan pemimpin yang memiliki kekuasaan untuk selalu mengutamakan rakyatnya. Jika pemimpin menjadi sombong, kepemimpinan yang dimiliki akan berantakan sia-sia dan tidak bermanfaat bagi rakyat.

3. Gambang Suling

Gambang suling ngumandhang swarane
Tulat tulit kepenak unine
Uuunine mung nrenyuhake
Barengan kentrung
Ketipung suling sigrak kendangane

Lagu Gambang Suling diciptakan oleh Ki Narto Sabdo dengan lirik yang sederhana. Ada beberapa pendapat mengenai latar belakang lagu ini.
Ada yang berpendapat bahwa lagu Gambang Suling diciptakan sebagai ekspresi kesedihan. Namun, latar belakang yang paling relevan adalah lagu ini bercerita tentang alat musik suling yang memiliki suara enak didengar.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia