Jenis Flora yang Berkembang di Benua Afrika Bagian Utara

Kristina - detikEdu
Kamis, 25 Nov 2021 14:15 WIB
A quiver tree on a rugged mountainside in the Northern Cape, South Africa
Ilustrasi flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara. Foto: (iStock)
Jakarta - Benua Afrika terbagi ke dalam lima kawasan, salah satunya kawasan Afrika utara. Dilihat dari kondisi fisik dan iklimnya, ada dua jenis flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara ini.

Benua Afrika merupakan benua yang terletak di sekeliling Laut Tengah atau Laut Mediterania, Laut Merah, Samudra Hindia, dan Samudra Atlantik. Benua Afrika dihubungkan oleh Terusan Suez dengan Benua Asia.

Benua ini terkenal memiliki gurun terluas di dunia, yakni Gurun Sahara. Luas gurun tersebut mencapai 8,4 juta kmĀ². Gurun Sahara membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

Flora di Benua Afrika Bagian Utara

Melansir Ensiklopedia Britannica, vegetasi Afrika berkembang sebagai respons langsung terhadap efek interaksi curah hujan, suhu, topografi, dan jenis tanah. Beberapa kemudian berkembang akibat kebakaran, pertanian manusia, dan penggembalaan ternak.

Dari total luas daratan benua, sekitar seperlima wilayah ini tertutup oleh hutan, dua per lima terdiri dari daerah berhutan, semak belukar, dan padang rumput, dan dua per lima sisanya adalah gurun pasir.

Kawasan utara benua ini masuk dalam vegetasi Mediterania. Zona ini ditentukan oleh iklim yang dicirikan oleh musim panas yang sangat kering dan musim dingin yang sejuk dan hujan. Berdasarkan kondisi fisik dan iklimnya, jenis flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara adalah stepa dan kaktus.

Tanah di wilayah tersebut telah terdegradasi menjadi vegetasi maquis (macchie), garrigue, atau semi-gurun kering (stepa). Maquis terdiri dari semak belukar yang tumbuh lebat, seperti semak xerophytic (tahan kekeringan) dan sclerophyllous (berkulit) dan pohon kecil, yang sering tahan api.

Garrigue, yakni sejenis tumbuhan sekunder dataran rendah yang berdaun lembut dan selalu hijau yang tumbuh di hutan Mediterania, secara khas ditemukan pada tanah kapur dan memiliki pertumbuhan kayu yang lebih banyak, termasuk pohon cemara dan pohon ek gabus (Quercus suber). Sementara itu, rumput khas yang berkembang dari pantai ke padang pasir adalah Ampelodesmos, Phalaris, dan Stipa.

Nah, itulah jenis flora yang tumbuh dan berkembang di benua Afrika bagian utara, sebuah wilayah yang memiliki iklim Mediterania.

Simak Video "Kebakaran Hutan di AS, 283 Hektare Lahan Habis Dilahap Api"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia