Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Jago Bahasa Asing?

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 19:00 WIB
belajar bahasa asing
Foto: shutterstock
Jakarta -

Belajar bahasa asing tentu bukan perkara mudah. Dalam mempelajari bahasa asing diperlukan waktu dan komitmen jangka panjang. Belajar bahasa asing akan lebih mudah jika kita menyukai budaya asal bahasa tersebut.

Belajar bahasa asing dapat dilakukan dengan berlatih setiap hari. Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa asing? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman CNN:

1. Bahasa Belanda dan Prancis: 600 Jam

Bahasa Belanda, Norwegia, Perancis, Italia, Spanyol, dan Portugis adalah deretan bahasa asing yang cukup mudah dipelajari. Mempelajari bahasa-bahasa tersebut memakan waktu sekitar 600 jam belajar agar dapat mahir berbicara dan membaca.

Bahasa Spanyol dan Italia paling mudah dipelajari. Hal tersebut dikarenakan kedua bahasa ini memiliki sejumlah kata yang sama atau mirip dengan bahasa Inggris.

2. Jerman: 750 jam

Bahasa Jerman memiliki konsep kata benda seperti maskulin, feminin, dan netral. Hal tersebut juga berlaku dengan pembagian kata kerja.

Dalam mempelajari bahasa Jerman membutuhkan waktu 750 jam agar dapat pandai berbicara bahasa Jerman.

3. Hungaria, Yunani, Rusia: 1.100 jam

Bahasa asing selanjutnya yang dapat dipelajari adalah bahasa Hungaria. Bahasa Hungaria memiliki bahasa-bahasa yang berbeda dari negara Eropa lainnya. Agar menguasai bahasa Hungaria diperlukan waktu sekitar 1.100 jam.

Begitupun dengan bahasa Yunani. Bahasa Yunani memiliki bahasa dengan alfabet berbeda dan paling mudah dipelajari. Bahasa Yunani memiliki sejumlah kesamaan dengan bahasa Inggris.

Sama halnya dengan bahasa Yunani, bahasa Rusia juga memiliki alfabet yang berbeda.

4. Arab, Jepang, Mandarin, Korea: 2.200 jam

Bahasa Arab memiliki metode menulis dan membaca dari kanan ke kiri. Agar dapat berbicara, menulis, dan membaca bahasa Arab dengan lancar diperlukan waktu 2.200 jam.

Sedangkan untuk bahasa Jepang memiliki dua huruf yang berbeda yaitu hiragana dan katakana. Agar dapat lancar berbahasa Jepang, diperlukan mempelajari kedua konsep huruf tersebut.

Sama halnya dengan bahasa Mandarin yang memerlukan waktu 2.200 jam karena memerlukan kecakapan dialek dan intonasi untuk memahami pembicaraan.

Mempelajari bahasa Korea juga memerlukan waktu 2.200 jam.

Nah itulah waktu yang diperlukan untuk mempelajari bahasa asing. Kira-kira kalian tertarik belajar bahasa yang mana?



Simak Video "Minat Belajar Bahasa Korea di Dunia Makin Melejit Gegara Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia