10 Kebiasaan Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan, Nongkrong Termasuk?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 19 Nov 2021 16:30 WIB
Ilustrasi Wanita Cerdas
Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Tingkat kecerdasan manusia dapat berubah. Artinya, otak manusia masih dapat distimulasi melalui berbagai hal untuk meningkatkan ketajamannya.

Laman Healthline menyebutkan, secara umum ada dua jenis kecerdasan. Pertama adalah kecerdasan beku yang mencakup penguasaan kata, pengetahuan, dan keterampilan. Biasanya kecerdasan ini juga berkembang seiring kita tua. Kedua, ada kecerdasan cair yang terdiri dari analisis dan berpikir abstrak.

Berdasarkan beberapa penelitian, ada kebiasaan-kebiasaan mudah yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan. Simak sederet tipsnya di bawah ini.

10 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kecerdasan

1. Minum Teh Hijau

Mengapa minum teh hijau dapat mempertajam kerja otak? Sebab, di dalamnya terdapat kandungan kafein walaupun hanya sedikit.

Teh hijau pun kaya senyawa epigallocacetchin gallate (EGCG) yang menurut penelitian dapat mendorong pertumbuhan akson dan dendrit dalam neuron. Akson dan dendrit ini berfungsi mendukung neuron melakukan kerja-kerja yang bersifat kognitif.

Teh hijau turut direkomendasikan apabila ingin meningkatkan fokus dan memori. Kombinasi berbagai komponen di dalamnya menyebabkan teh hijau bermanfaat dalam kedua hal tersebut.

2. Konsumsi Kopi

Ada senyawa dalam otak bernama adenosin yang dapat menghentikan keluarnya zat-zat stimulan dalam otak. Tetapi, kopi dapat menghambat adenosin tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa kopi akan merangsang performa mental dan pembelajaran dalam otak.

Kopi juga merupakan minuman yang mampu menegaskan fokus dan membantu menyerap informasi baru, namun lebih baik mengonsumsinya tidak berlebihan. Meminumnya secara berlebih dapat menyebabkan kecemasan.

3. Makan Makanan Kaya Nutrisi

Beberapa jenis nutrisi yang direkomendasikan untuk meningkatkan fungsi otak adalah lemak omega 3, flavonoid, dan vitamin K. Sebuah studi di tahun 2017 mengungkap, komponen terbesar dalam otak adalah lemak omega 3. Kalian bisa mendapatkannya dari sederet makanan ini:

  • Alpukat
  • Kacang
  • Rumput laut
  • Ikan berlemak
  • Kerang

Sementara itu, flavonoid dapat diperoleh melalui:

  • Buah jenis beri
  • Teh
  • Kokoa
  • Kedelai
  • Gandum

Selanjutnya, vitamin K yang bermanfaat untuk mempertahankan sel otak dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale.

4. Bermain Alat Musik

Beberapa keterampilan dapat diasah melalui permainan alat musik, yakni persepsi audio, koordinasi motorik, memori, dan kemampuan mengenali pola. Sebuah studi di tahun 2013 juga mengatakan, kebiasaan bermain musik dapat mendorong kemampuan sensorik dan kognitif.

Simak kebiasaan lain yang bisa meningkatkan kecerdasan di halaman berikutnya>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia