Herbal Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

Kristina - detikEdu
Senin, 15 Nov 2021 14:00 WIB
gotu kola, asiatic pennywort, centella asiatica, ayurveda herbal drink
Foto: detikFood/Herbal Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar.
Jakarta - Otak merupakan organ vital pusat kecerdasan seseorang. Berbagai studi menunjukkan, kecerdasan otak dapat diasah dengan beragam aktivitas stimulasi hingga konsumsi makanan yang bernutrisi.

Makanan yang terkenal untuk membantu perkembangan otak adalah ikan. Ikan diketahui mengandung Docosahexaenoic acid atau DHA yang berperan sebagai elemen pembentuk fungsi kognitif. Selain ikan, ada satu tumbuhan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Dokter sekaligus pendakwah Islam, Zaidul Akbar, mengatakan tumbuhan tersebut adalah Pegagan atau Antanan. Tumbuhan yang biasa digunakan sebagai obat herbal tersebut diketahui mengandung DHA, seperti halnya tumbuhan Ginkgo biloba.

"Dia (Pegagan) mengandung DHA. Pokoknya kaya vitamin buat otak lah, Pegagan atau Antanan itu. Itu salah satunya," ucap dr. Zaidul Akbar saat menjawab pertanyaan dari peserta, seperti dilihat dari YouTube Sobat Herbal, Senin (15/11/2021).

Pegagan adalah tumbuhan liar yang mudah ditemukan di dataran tinggi. Tanaman dengan nama latin Centella asiatica ini merupakan tanaman asli India, Jepang, China, Indonesia, Afrika Selatan, Sri Lanka, dan Pasifik Selatan.

Daun Pegagan berukuran kecil dan berwarna hijau berbentuk kipas. Pegagan memiliki bunga dengan warna ungu atau putih. Melansir detikHealth, kandungan utama Pegagan adalah triterpenoid, yang salah satunya berfungsi untuk menguatkan sel-sel kulit.

Selain itu, herbal ini juga mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak.

Daun Pegagan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Di antaranya dalam bentuk teh dengan dikeringkan terlebih dahulu, diminum langsung dengan dihaluskan atau dijus, dan bisa juga direbus hingga dimasak menjadi tumis.

Praktisi pengobatan sunnah ini mengatakan, selain Pegagan, kecerdasan otak juga dapat ditingkatkan dengan konsumsi ikan teri. Ikan yang berbentuk mungil ini, kata dr. Zaidul Akbar, mengandung Omega-3, DHA, dan PHA. Omega-3 disebut menjadi kandungan yang cukup besar dari ikan teri.

Simak Video "Geger Fenomena Ikan Teri Berlompatan di Pantai Selatan Yogya"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia