Sejarah Candi Kimpulan yang Ada di Kampus UII Yogyakarta, Sudah Tahu?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 19 Nov 2021 13:15 WIB
Candi Kimpulan UII
Foto Candi Kimpulan di lingkungan kampus UII Yogyakarta. Foto: UII Yogyakarta
Jakarta -

Detikers apakah kalian tahu jika di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki candi? Di kampus UII ini terdapat sebuah peninggalan purbakala yang disebut candi Kimpulan dan juga dikenal sebagai candi Pustakasala.

Sesuai namanya, candi ini berlokasi di Dusun Kimpulan, Jalan Kaliurang km 14,5 Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman. Candi Hindu yang ditemukan bersama arca ini diperkirakan berdiri pada abad ke-9.

Kampus UII tidak sengaja menemukan candi ini pada tanggal 11 Desember 2009 ketika melakukan penggalian untuk fondasi proyek pembangunan perpustakaan. Candi ini terkubur sedalam lima meter di bawah tanah akibat adanya letusan Gunung Merapi sekitar seribu tahun yang lalu.

Sebelum disebut sebagai candi Kimpulan, candi ini disebut sebagai candi UII, karena ditemukan di kampus UII. Kemudian dari pihak UII, namanya diganti menjadi candi Kimpulan berdasarkan nama desa setempat.

Kemudian Yayasan Badan Wakaf UII mengganti nama candi ini dengan Pustakala yang berarti perpustakaan dalam bahasa Sansekerta. Pemberian nama Pustakala adalah menekankan sejarah penemuan candi di tempat yang awalnya dibangun perpustakaan.

Penelitian lebih lanjut mengenai candi Kimpulan dilakukan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini disebut candi Kimpulan merupakan candi Hindu Siwaistik yang dibangun pada abad ke 9-10 pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Kimpulan memiliki arsitektur dengan struktur tubuh dan atap yang berasal dari materi organik seperti bambu ataupun kayu. Hal ini terlihat dari temuan struktur umpak yang menjadi penyangga tiang dalam rumah adat Jawa.

Sebagai candi Hindu Siwaistik, Kimpulan memiliki arsitektur tidak lazim seperti bangunan serupa di Jawa Tengah. Candi Kimpulan memiliki ukuran yang kecil dan memiliki ukiran yang sederhana sebagai hiasannya.

Selain itu, candi ini hanya terdiri dari beberapa bujur sangkar sehingga landasan candi berpagar serta tangga dan celah masuk berhias antefiks dan berukir Kala. Di dalam candi ini terdapat ruang arca Ganesha, Nandi, dan Lingga Yoni.

Menurut beberapa ahli candi Kimpulan ini memiliki gaya arsitektur dan candi yang bersifat sederhana. Tubuh, tiang, dan atap candi kemungkinan besar terbuat dari kayu atau bahan organik lainnya yang mudah lapuk.

Bentu asli candi ini juga menyerupai pura Hindu Bali dengan atap meru yang menjulang dari bahan kayu, sirap, atau ijuk. Kalian dapat menemukan candi Kimpulan di dalam bangunan perpustakaan UII. Di dalam museum ini terdapat berbagai artefak temuan hasil ekskavasi di Candi Kimpulan.

Artefak-artefak tersebut antara lain adalah kotak pripih, isi pripih yang terdiri dari lempengan emas dan perak, dan sebagainya. Demikianlah sejarah tentang candi Kimpulan yang berada di kampus UII Yogyakarta. Apakah detikers pernah mengunjunginya?



Simak Video "Pesona Candi Dieng, Keindahan Bersejarah Wonosobo"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia