10 Universitas yang Cocok buat Fans Harry Potter, Belajar Sihir sampai Time Travel

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 18 Nov 2021 07:00 WIB
University of Chicago, Amerika Serikat (dok.uchicago.edu)
Foto: University of Chicago, Amerika Serikat (dok.uchicago.edu)
Jakarta - Para pemain Harry Potter dikabarkan akan reuni untuk merayakan 20 tahun kemunculan seri film mereka. Reuni mereka akan dibalut dalam acara televisi bertajuk 'Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts', seperti dilansir dari CNN Entertainment Digital.

Daniel Radcliffe (Harry Potter), Emma Watson (Hermione Granger), Rupert Grint (Ron Weasley), sutradara Chris Columbus dan pemeran lainnya akan ikut di dalamnya.

Jika detikers juga salah satu dari fans Harry Potter, segala hal terkait dengannya tentu menarik diketahui, bukan? Salah satunya, ada beberapa universitas di dunia yang punya segala hal terkait seri megapopuler tersebut. Melansir ensiklopedia digital ThoughtCo, inilah perguruan tinggi yang punya profesor Hogwarts, kelas psikologi Harry Potter, sampai komunitas sihir.

10 Universitas dengan Unsur Harry Potter

1. University of Chicago

Universitas Chicago mempunyai arsitektur yang mirip dengan sekolah sihir Hogwarts. Kampus tersebut mempunyai desain kastil-kastil dan di dalamnya ada area bernama Hutchinson Hall. Area ini dibangun dengan gaya gereja, sebagaimana seperti lokasi-lokasi dalam berbagai film Harry Potter.

2. College of New Jersey

Para mahasiswa di College of New Jersey menginisiasi klub Harry Potter dengan nama The Order of Nose-Biting Teacups (ONBT). Klub tersebut ditujukan untuk mengumpulkan seluruh fans Harry Potter di kampus menjadi satu komunitas sihir besar. Mereka juga mengadakan berbagai kegiatan, seperti konser Wizard Rock dan sebagainya.

3. SUNY Oneonta

Di kampus SUNY Oneonta, ada program menarik di mana klub Harry Potter mereka di tahun 2012 mengadakan acara Yule Ball. Perhelatan ini merupakan bagian dari turnamen Triwizard empat hari perguruan tinggi tersebut.

Acara tersebut rupanya dapat mengumpulkan $400 untuk yayasan Oneonta Reading is Fundamental. Dana yang terkumpul pada akhirnya digunakan untuk memberikan buku gratis pada anak-anak sekolah dasar.

4. Swarthmore College

Di kampus ini, ada seminar tahun pertama yang bertajuk 'Battling Against Voldemort' atau 'Bertarung Melawan Voldemort'. Program ini sangat menarik hingga ditayangkan oleh MTV.

5. Oregon State University

Oregon State University punya program pelatihan kepemimpinan sekaligus orientasi mahasiswa baru bernama 'Finding Your Patronus'. Pelatihan kepemimpinan di sana diajarkan menggunakan tokoh-tokoh dalam Harry Potter.

6. Chestnut Hill College

Ada pekan Harry Potter di Chestnut Hill College. Pengunjungnya akan disuguhkan dengan sihir di setiap sudut festival. Selain ada museum seni Woodmere dan tayangan Harry Potter and the Sorcerer's Stone, festival ini juga turut mengadakan turnamen Quidditch.

7. Augustana College

Di Augustana College, ada dosen yang dijuluki oleh majalah TIME sebagai Dekan Para Cendekiawan Harry Potter. Dia adalah John Granger yang turut mengklaim dirinya sebagai Profesor Hogwarts.

Dosen tersebut mengajar tentang alkimia sastra dan pemahaman komprehensif tentang Harry Potter. Granger juga sudah menulis beberapa buku tentang Harry Potter.

8. College of William and Mary

Terdapat klub Wizards and Muggles di College of William and Mary. Jumlah anggota klub tersebut juga hampir setara siswa Hogwarts, yakni lebih dari 200 orang. Dan sebagaimana dalam film Harry Potter, klub ini memiliki empat asrama yang dipimpin empat kepala.

9. Middlebury College

Tak cuma menyelenggarakan turnamen Quidditch dan Muggle Quidditch, Middlebury College juga mendirikan Asosiasi Quidditch International atau International Quidditch Association (IOA). Kampus ini juga sudah pernah dapat piala Quidditch internasional berturut-turut.

10. Alfred University

Alfred University menawarkan kelas menarik bernama 'Muggles, Magic, and Mayhem: The Science and Psychology of Harry Potter'. Topik yang dipelajari di dalamnya contohnya 'Magizoology: Natural History of Magical Beasts' dan 'Perception of Time, Time Travel, and Time Turners'. Pada intinya, kelas ini membahas dunia sihir dalam Harry Potter dan segala hal berkaitan.

Itulah sederet universitas di luar negeri yang punya segala program terkait Harry Potter. Ingin coba bergabung, detikers?



Simak Video "Kabar Gembira! Para Aktor Harry Potter Akan Kembali ke Hogwarts"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia