Apa Manfaat Belajar Rumus Pythagoras di Kehidupan Sehari-hari? Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 16 Nov 2021 17:30 WIB
Rumus Pythagoras
Foto: Getty Images/iStockphoto/desifoto
Jakarta - Salah satu topik pembelajaran matematika adalah rumus Pythagoras. Pythagoras adalah rumus yang terdapat dalam bagian geometri. Rumus ini berguna untuk menunjukkan hubungan antara panjang sisi segitiga siku-siku, dengan salah satu sudut 90 derajat.

Rumus pythagoras pertama kali ditemukan oleh seorang filsuf dan ahli matematika asal Yunani yaitu Pythagoras. Pythagoras lahir pada 570 Sebelum Masehi (SM) di Pulau Samos, daerah Ionia.

Pada waktu Pythagoras berusia 18 tahun, dia bertemu dengan seorang pria tua bernama Thales. Dari Thales ini, Pythagoras belajar matematika. Pythagoras dikenal sebagai pria yang cerdas. Ia tertarik mempelajari banyak hal seperti ilmu astronomi, geometri, dan logistik.

Ia juga pernah membuat tesis tentang para arithmos yang berarti bilangan. Tesis tersebut membuat dirinya semakin dikenal dan memberikan sumbangan yang cukup besar dalam bidang ilmu pengetahuan di bidang matematika dan musik.

Ternyata rumus ini memiliki 5 manfaat di kehidupan sehari-hari bagi yang mempelajarinya. Apa saja itu? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari laman HaiBunda:

Manfaat Rumus Pythagoras:

1. Untuk mengetahui apakah segitiga itu lancip, tumpul, atau siku-siku. Jika jumlah dua sisi kuadrat sama dengan nilai kuadrat sisi ketiga, yang merupakan sisi miring, maka segitiga tersebut adalah segitiga siku-siku.

2. Membantu menemukan panjang sisi segitiga yang hilang. Dengan rumus ini kita dapat menemukan panjang sisi ketiga dari segitiga siku-siku. Rumus ini juga berfungsi untuk mengetahui panjang sisi yang hilang pada bujur sangkar dan persegi panjang dari bagun ruang segitiga.

3. Rumus Pythagoras membantu menghitung jarak terpendek antara dua titik bila kita berpergian. Rumus ini merupakan rumus geometri Euclidean sehingga dekat dengan aspek kehidupan sehari-hari.

4. Sebagai dasar untuk menghitung panjang diagonal yang menghubungkan dua garis lurus. Rumus Pythagoras digunakan untuk menghitung bidang arsitektur, pengerjaan kayu atau proyek konstruksi fisik, seperti membangun atap rumah.

5. Rumus pythagoras dapat berguna untuk mengetahui navigasi dua jarak. Sebagai contoh adalah jika kita berada di laut dan menavigasi ke suatu titik yang berjarak 300 mil di utara dan 400 mil di barat, maka kita dapat menggunakan rumus ini untuk menemukan jarak dari kapal ke titik itu.

Nah, agar semakin paham detikers bisa mempelajari beberapa contoh rumus pythagoras DI SINI!



Simak Video "Sosok Stanve, Jago Matematika Tingkat Dunia Asal Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia