3 Skill Komunikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin, Kamu Sudah Punya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 15 Nov 2021 13:45 WIB
Team of multiethnic architects working on construction plans in meeting room. Engineers and designers discussing project in office. Businesswoman with business team in conference room working on blueprint.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ridofranz
Jakarta -

Kepemimpinan menjadi skill penting yang bisa dipelajari siswa sejak duduk di bangku sekolah. Siswa bisa belajar menjadi seorang pemimpin mulai dari menjadi ketua kelas, grup diskusi, ataupun organisasi.

Menurut George Terry yang dikenal sebagai "Bapak Ilmu Manajemen Modern", kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang lain agar bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tercapainya tujuan bersama.

Untuk menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah karena harus mampu mengatur setiap anggotanya menjalankan tugas dan perannya masing-masing.

Hal ini dibutuhkan kemampuan-kemampuan tertentu yang harus dimiliki seseorang untuk bisa mengelola tim atau organisasi yang dipimpin.

Agar dapat mengatur anggotanya dengan baik, siswa perlu melatih skill komunikasi yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Apa saja skill tersebut? Berikut ulasannya dikutip dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Senin (15/11/2021).

1. Mendengarkan

Komunikasi paling mendasar bagi seorang pemimpin adalah mendengarkan. Seorang pemimpin yang hebat perlu menjadi pendengar yang baik untuk setiap anggotanya.

Apabila terdapat anggota organisasi memiliki aspirasi, masukan, ataupun kritik, jangan langsung menolak mentah-mentah pesan yang disampaikan.

Seorang pemimpin harus mendengarkan secara saksama dan menyimak maksud pesan tersebut.

2. Menyimpulkan

Seperti yang diketahui bahwa di dalam sebuah organisasi, ada banyak ide, kepribadian, dan juga pemikiran masing-masing. Semua anggota terkadang tidak selalu memiliki pemikiran yang sama, ada saja perbedaan pendapat maupun pertentangan di antara mereka.

Di sini, kemampuan mendengarkan juga harus diiringi oleh analisis seorang pemimpin untuk menyimpulkan.

Menarik kesimpulan tidak boleh diambil hanya dari satu sisi, namun perlu melakukannya dari sisi-sisi lainnya agar hal yang didapat bisa objektif.

3. Berbicara

Untuk melengkapi skill mendengarkan dan menyimpulkan maka pemimpin wajib memiliki kecakapan dalam berbicara. Baik kemampuan berbicara secara pribadi dengan individu ataupun berbicara di depan umum (public speaking).

Bila memiliki keahlian berbicara yang baik, seorang pemimpin akan bisa berkomunikasi dengan anggotanya dengan efektif.

Kemampuan berbicara erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Hal ini bisa dilatih dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan sering berbicara di depan cermin.

Kamu bisa mencari sebuah teks untuk dibacakan di depan cermin, lalu bacalah teks tersebut dengan lantang.

Nah, itulah 3 skill komunikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Selamat belajar jadi pemimpin detikers!



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia