3 Sungai Terpanjang di Indonesia, Benarkah Semuanya Ada di Kalimantan?

Olivia - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 17:30 WIB
Sungai Kapuas di Kalbar
Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel
Jakarta - Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan 'Pulau Seribu Sungai' karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Kalimantan bahkan memiliki tiga sungai terpanjang di Indonesia.


Melihat jumlahnya yang banyak, sungai memegang peranan penting bagi masyarakat di Kalimantan. Berbagai kegiatan, seperti transportasi, sumber air, dan kegiatan ekonomi, semua dilakukan masyarakat dengan bergantung pada aliran sungai.


Nah, di bawah ini merupakan penjelasan mengenai tiga sungai terpanjang di Indonesia yang terdapat di Kalimantan. Kita kenalan dahulu, yuk!


Sungai Kapuas

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Dinobatkan sebagai sungai terpanjang, sungai Kapuas memiliki panjang mencapai 1.143 kilometer dengan lebar 70-150 meter.


Aliran sungai Kapuas dimulai dari Pegunungan Muller sampai Selat Karimata (Laut China). Dilansir dari tulisan 'Potret Sungai Terpanjang di Indonesia, Ada yang Tahu?' oleh detik.com, terdapat lebih dari 700 spesies ikan air tawar di Sungai Kapuas.


Dari 700 spesies, 12 jenis di antaranya merupakan ikan langka dan 40 jenis ikan lainnya terancam punah.


Tidak hanya berfungsi sebagai penghubung daratan di Kalimantan, sungai Kapuas juga berperan penting bagi roda perekonomian masyarakat. Salah satunya, aliran sungai Kapuas dimanfaatkan sebagai alat transportasi untuk mengangkut bahan-bahan produksi.


Kini, sungai Kapuas juga bisa dinikmati sebagai tempat wisata. Banyak masyarakat yang menyediakan jasa wisata bagi turis untuk menyusuri sungai Kapuas.


Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur. Memiliki selisih panjang 223 kilometer dari sungai Kapuas, sungai Mahakam memiliki panjang 920 kilometer.


Hulu sungai Kapuas berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan hilirnya berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. Melintasi berbagai daerah, sungai Mahakam memiliki pernana penting bagi masyarakat sebagai sumber air dan sarana transportasi.


Tidak hanya itu, sungai ini juga memiliki potensi perikanan yang tinggi. Terdapat habitat hewan langka di sungai Mahakam, yaitu Pesut Mahakam.


Sungai Barito

Sungai Barito menjadi sungai terpanjang ketiga di Indonesia yang juga berasal dari Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan. Tidak jauh berbeda dengan Sungai Mahakam, panjang Sungai Barito mencapai 890 kilometer.


Mengutip artikel detik.com berjudul 'Pagi yang Damai di Tepi Sungai Barito', secara turun-temurun, sepanjang aliran Sungai Barito sudah menjadi jalur transportasi serta Kawasan pemukiman penduduk. Konon, terdapat kampung tertua yang berada di pinggiran Sungai Barito bernama Kampung Kui dan Kampung Alalak.
Menurut sejarah, kampung tersebut merupakan kampung tertua dan menjadi cikal bakal Kota Banjarmasin. Pada kampung tersebut pula lahir tradisi jual beli di atas perahu yang dimulai sejak 400 tahun yang lalu.



Simak Video "Mengejar Santai Di tepi Sungai Kapuas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia