Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan? Ini Alasannya

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 22 Jul 2021 06:30 WIB
Peta Indonesia di Kawasan TMII
Foto: iStock/Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan? Ini Alasannya
Jakarta - Tahukah kamu, mengapa Indonesia disebut negara kepulauan? Apa alasannya dan bagaimana maksud dari julukan tersebut? Simak di sini ya, detikers.

Sebelumnya perlu diketahui definisi kepulauan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, kepulauan berasal dari bentuk tunggal kata pulau yang berarti tanah atau daratan yang dikelilingi air, seperti laut, sungai, atau danau.

Untuk kepulauan sendiri, KBBI mendefinisikannya sebagai hgugusan beberapa buah pulau atau kumpulan tanah atau daratan yang dikelilingi air.

Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan?

Dalam buku 'Tematik 5C Makanan Sehat Kurikulum 2013' karya Supriyadi, wilayah Indonesia memiliki jumlah pulau yang mencapai hingga 17.508 pulau. Semua pulau tersebut terbentang di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Sabang (ujung barat) sampai Merauke (ujung timur).

Bila dilihat secara geografis, luas lautan Indonesia diperkirakan dua pertiga lebih besar dibandingkan luas daratan dengan panjang garis pantai pada setiap pulau kurang lebih 81.000 km. Hal ini pula yang menjadikan Indonesia masuk urutan kedua setelah Kanada sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Seperti yang kita ketahui bersama, nama lain dari Indonesia adalah Nusantara. Tahukah kamu apa arti Nusantara? Nusantara merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan wilayah kepulauan.

Kata Nusantara berasal dari bahasa Sansekerta. Sebab, pada mulanya istilah tersebut digunakan untuk menyebut pulau-pulau yang berada di luar kawasan Kerajaan Majapahit pada jaman dahulu.

Kata 'Nusa' yang memiliki arti pulau dan kata 'Antara' yang mengandung arti luar.

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah laut terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuah negara. Oleh karena itu, mengapa Indonesia disebut negara kepulauan, detikers.

Selain Indonesia, beberapa negara lainnya yang mendapat julukan negara kepulauan, di antaranya adalah Madagaskar, Papua Nugini, Jepang, Filipina, hingga Selandia Baru.

Itulah mengapa Indonesia disebut negara kepulauan. Semoga bermanfaat ya, detikers!

Simak Video "Gempa Bumi M 6,2 Guncang Kepulauan Taulud"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia