Apa Itu Banjir Rob Seperti di Jakarta Utara, Ketahui Penyebab dan Dampaknya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 09 Nov 2021 14:30 WIB
Sejumlah anak-anak pesisir di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, tampak semringah saat bermain di tengah banjir rob.
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Baru-baru ini, banjir rob kembali melanda sejumlah wilayah di Jakarta Utara (Jakut) seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Muara Angke hingga sejumlah ruas jalan menuju gerbang barat Taman Impian Jaya Ancol.

Banjir rob yang terjadi di Jakut ini bukanlah hal baru karena hampir setiap musim hujan selalu datang. Bahkan di beberapa daerah, banjir rob muncul setiap hari.

Meski begitu, banjir rob ini memiliki perbedaan dengan banjir tahunan yang sering terjadi di wilayah DKI Jakarta karena curah hujan yang tinggi.


Lantas apa itu banjir rob sebenarnya? Ini pengertian, penyebab, dan dampaknya.


Pengertian Banjir Rob

Dikutip dari kanal kebencanaan Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), banjir rob adalah pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi.

Banjir rob atau banjir pasang surut air laut ini sering terjadi di wilayah yang tidak jauh dari pesisir pantai.

Penyebab Banjir Rob

Penyebab pasti banjir rob tak lain karena kenaikan muka air laut oleh pasang surut air laut. Namun, banjir rob juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, di antaranya:

- Dorongan air

- Angin, atau swell (gelombang yang bergerak dengan jarak sangat jauh meninggalkan daerah pembangkitnya)

- Badai di laut

- Pencairan es kutub yang dipicu oleh pemanasan global.

Tidak hanya itu, aktivitas manusia juga dapat memicu terjadinya banjir rob. Misalnya pemompaan air tanah yang berlebihan, pengerukan alur pelayaran, hingga reklamasi pantai.

Eksploitasi lahan pesisir oleh manusia dapat menyebabkan penurunan muka air tanah sehingga memicu amblesnya permukaan tanah dan intrusi air laut.

Dampak Banjir Rob

Adapun dampak yang diakibat banjir rob bisa meliputi berbagai aspek kehidupan seperti mengubah fisik lingkungan, penurunan kualitas lingkungan, dan kerugian ekonomi.

Banjir rob juga bisa menyebabkan terganggunya lalu lintas di beberapa titik yang tergenang air bahkan kerusakan jalan.

Selain materi dan lingkungan, dampak bagi masyarakat juga bisa dirasakan secara fisik. Mulai dari potensi penularan penyakit hingga fisik yang terkuras karena harus membersihkan rumah dari sapuan banjir rob.

Simak Video "Banjir Rob Masih Genangi Pademangan Jakarta Utara "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia