Doa Sebelum Belajar, Rahasia Kecerdasan yang Diajarkan Nabi SAW

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 09 Nov 2021 07:00 WIB
Siswa Siswi mengikuti simulasi sekolah percontohan pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 2 Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). Pelaksanaan ini dilaksanakan mulai hari ini hingga 28 Agustus 2020. Siswa yang yang mengikuti pelajaran tatap muka hari ini 18 anak perkelas.  setiap kelas 7, 8 dan 9 diwakili 1 kelas yang bergantian setiap harinya.
Foto: Agung Pambudhy/Doa Sebelum Belajar, Rahasia Kecerdasan yang Diajarkan Nabi SAW
Jakarta - Ada bacaan doa sebelum belajar yang diajarkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Doa tersebut biasa dicontohkan Rasulullah SAW saat menghadiri majelis-majelis ilmu.

Ustaz Adi Hidayat dalam siaran Youtube bertajuk Amalkan Sebelum Belajar, Doa Ini Tingkatkan Kecrdasak Otak Hingga 10 x Lipat mengatakan doa tersebut merupakan bentuk memohon keberkahan ilmu yang diterima kepada Allah SWT.

Pasalnya, menurut penuturan Ustaz Adi Hidayat, ilmu yang diberkahi Allah SWT akan diberikan penjagaan sepanjang hidup kita olehNya. Melalui siaran yang diunggah pada 29 Oktober 2021, beliau pun mengibaratkan ilmu yang berkah sebagai buku tua.

"Ada orang yang menulis beberapa ratus tahun lalu, sampai sekarang tulisannya diabadikan oleh Allah SWT. Kalau Allah tidak memberkahi keilmuannya, cara belajarnya, kemudian cara mengajarkannya, mustahil buku ini bisa Allah jaga sampai saat ini," kata Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari channel Youtube Audio Dakwah, Senin (8/11/2021).

Ustaz sekaligus pendiri Quantum Akhyar Institute tersebut kemudian mengungkapkan bacaan doa sebelum belajar yang biasa diajarkan oleh Rasulullah. Berikut bacaannya,

Doa Sebelum Belajar yang Diajarkan Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ فَقِّهُّ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Bacaan latin: Allahumma faqqihhu fiddin wa a'llimhuttakwil)

Artinya: "Ya Allah mohon pahamkan saya pada ilmu-ilmu agama yang akan saya pelajari dan berikan saya kemampuan untuk memahami hal-hal yang sulit,"

Menurut penuturan Ustaz Adi Hidayat, Rasulullah membaca doa tersebut sembari mengeluskan kepala Ibnu Abbas RA yang masih merangkak (bayi). Saat itu, beliau menjadi peserta termuda yang menghadiri majelis ilmu tersebut.

Rasulullah pun, kata Ustaz Adi, tidak segan-segan mengajarkan doa sebelum menghadiri majelis ilmu tersebut pada sahabatnya dari berbagai kalangan usia. Hal ini menjadi bukti betapa pentingnya doa tersebut.

"Sebelum belajar mohon kepada Allah. Ini petunjuk Nabi, bahkan oleh Nabi pun, itu diajarkan kepada sahabat-sahabatnya. Jangankan dewasa, anak kecil diajarkan oleh Nabi," papar dia.

Selain itu, ada doa sesudah belajar yang kembali diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini biasa dibaca beliau sesuai menerima ilmu dari majelis ilmu yang dihadirinya. Berikut bacaan doanya,

"Ya Allah, berkahi pada apa yang telah saya pelajari. Ya Allah, ajarkan saya apa yang belum saya ketahui. Ya Allah, berikan saya sifat istiqomah untuk mengamalkan apa yang saya pelajari," kata Ustaz Adi.

Di luar doa, Ustaz Adi juga mengatakan kita harus mulai dengan niat yang ikhlas sebelum menerima pelajaran. Kedua hal tersebut, doa dan niat disebut dapat membantu memperpanjang usia daya ingat kita.

"Sebelum memulai pelajaran, dengan guru manapun (dan) di tempat manapun. Niatkan dengan ikhlas setiap pelajaran kita hanya untuk medapat ridho Allah SWT. Itu yang akan mengabadikan apa yang kita pelajari dalam masa-masa yang panjang," tandasnya.

Yuk mulai kita terapkan saat belajar, detikers!

Simak Video "Persiapan Ustaz Adi Hidayat Laporkan Pihak yang Fitnah Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia