Bukan IndoXXI-LK21, Film Terkait Jurusan Kuliah Ini Bisa Ditonton di Situs Legal

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 07 Nov 2021 13:00 WIB
Film Contagion.
Foto: Dok. Warner Bros/Bukan IndoXXI-LK21, Film Berkaitan Jurusan Kuliah Ini Bisa Ditonton di Situs Legal
Jakarta - Film dengan latar belakang suatu jurusan kuliah tertentu bisa dijadikan sebagai referensi atau media pembelajaran bagi mahasiswa. Bahkan beberapa film memang sengaja dibuat khusus berkaitan dengan jurusan kuliah tertentu.

Mulai dari Ilmu Kedokteran hingga Sastra, detikEdu sudah merangkum beberapa film yang berkaitan jurusan kuliah kamu lho. Film-film ini pun sudah bisa kamu tonton di beberapa situs legal atau layanan OTT (Over the Top). Jadi, tidak perlu lagi kesulitan mencari di IndoXXI atau pun LK21.

Berikut daftar film yang berkaitan dengan jurusan kuliah kamu. Ada apa saja ya?

6 Film yang Berkaitan dengan Jurusan Kuliah


1. I Origins (2014)

Salah satu film yang direkomendasikan untuk mahasiswa Kedokteran adalah I Origins dan tersedia di platform berbayar Vidio. I Origins dimulai ketika mahasiswa pascasarjana, Ian Gray, meneliti evolusi mata manusia bersama dua rekannya Karen dan Kenny. Sifat analitis Ian memicu serangkaian peristiwa yang mengarah pada penemuan menakjubkan bertahun-tahun kemudian.

2. Contagion (2011)

Bagi kamu mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat, bisa menjadikan film ini menjadi salah satu rujukan pembelajaran. Contagion berawal dari Beth Emhoff yang meninggal karena flu atau jenis infeksi lain setelah dia kembali dari perjalanan bisnis di Hong Kong. Putranya yang masih kecil pun meninggal pada hari yang sama. Namun, tidak untuk suaminya, Mitch. Saat itulah virus mulai menyebar dan banyak kasus dilaporkan.

Para dokter dan administrator di Pusat Pengendalian Penyakit AS pun mulai memecahkan kode patogen biologis unik ini karena viurs terus bermutasi. Hingga penularan virus sudah menyebar ke jutaan orang di seluruh dunia. Film ini bisa kamu saksikan di Google Play ya, detikers!

3. Nightcrawler (2014)

Selanjutnya adalah film Nightcrawler yang mengambil latar belakang jurusan Jurnalistik dan tersedia di Vidio. Film ini bercerita tentang pemuda yang putus asa dalam mencari pekerjaan bernama Lou Bloom. Tidak disangka, ia justrui memasuki dunia jurnalisme kriminal Los Angeles.

Ia bertemu dengan sekelompok kru kamera lepas yang memfilmkan kecelakaan, kebakaran, pembunuhan, dan kekacauan lainnya. Mereka menjual video rekaman menjadi bahan berita di sebuah stasiun TV. Bloom mulai terjun di dalamnya bersama dengan Nina, seorang veteran pembawa berita olahraga di salah satu stasiun TV lokal.

4. A Beautiful Mind (2001)

Mahasiswa jurusan Psikologi bisa menonton film ini karena plotnya mengangkat salah satu penyakit kejiwaan yakni, Schizophrenia. Film A Beautiful Mind menceritakan John Forbes Nash seorang matematikawan jenius yang bahkan hampir mendapat pengakuan internasional.

Namun, Nash yang arogan karena prestasinya menemukan jati dirinya dalam keadaan yang menyakitkan. Kamu bisa saksikan film ini di Vidio ya, detikers.

5. The Social Network (2010)

Film The Social Network yang mengangkat kisah penemu Facebook Mark Zuckerberg ini memiliki latar belakang jurusan IT. Kamu bisa tonton selengkapnya di Vidio ya, detikers. Mengambil setting tahun 2003, seorang sarjana Harvard yang jenius di bidang pemrograman komputer Mark Zuckerberg duduk di depan komputernya dan mulai mengerjakan ide baru.

Ternyata, apa yang dimulai di kamar asramanya kemudian menjadi jaringan sosial global. Bahkan menjadi revolusi dalam dunia komunikasi. Dalam waktu enam tahun, Mark Zuckerberg menjadi miliarder termuda dalam sejarah.

6. The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society (2018)

Untuk mahasiswa jurusan Sastra bisa coba untuk menyaksikan film The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society yang tersedia di Netflix. Film ini mengambil latar belakang setelah Perang Dunia II. Seorang penulis asal London Juliet Ashton menjalin ikatan tidak terduga dengan para penduduk Pulau Guernsey. Ia pun memutuskan untuk menulis buku tentang pengalaman mereka selama perang berlangsung.

Nah, gimana nih menurut detikers? Ada rekomendasi film lain yang berkaitan dengan jurusan kamu nggak?

Simak Video "Jangan 'Jebak' Anak ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia