Cara Akses Jurnal Gratis di Google Scholar, Ini Fitur yang Bisa Dicoba

Kristina - detikEdu
Sabtu, 06 Nov 2021 20:00 WIB
Google Scholar
Foto: istimewa/Cara Akses Jurnal Gratis di Google Scholar, Ini Fitur yang Bisa Dicoba
Jakarta -

Google menyediakan layanan pencarian jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu melalui Google Scholar atau Google Cendekia. Layanan ini dapat diakses secara gratis oleh para pengguna.

Google Scholar mengindeks jurnal dan buku akademik online peer-review, makalah konferensi, tesis dan disertasi, pracetak, abstrak, laporan teknis, dan literatur ilmiah lainnya. Platform ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mencari literatur dari para peneliti di seluruh dunia.

Fitur Google Scholar

Google Scholar memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna, mulai dari perpustakaan pribadi hingga notifikasi update jurnal yang dikirimkan secara otomatis. Berikut beberapa fitur Google Scholar:

1. My Profile

Fitur My Profile digunakan untuk mengindeks atau membaca publikasi dari profil yang dibuat oleh pengguna. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Berikut cara membuat profil di fitur My Profile:

- Masuk ke layanan Google Scholar. Kemudian log in menggunakan akun gmail atau akun email kampus yang sudah berafiliasi dengan google.

- Klik My Profile pada sidebar

- Kemudian, lengkapi Profil seperti nama lengkap, afiliasi, email yang digunakan untuk verifikasi, dan bidang minat. Pengguna dapat memasukkan homepage, namun ini adalah opsional.

- Lalu, lanjutkan pada pengisian untuk Articles. Pada bagian ini, Google Scholar akan mendeteksi artikel yang terindeks berdasarkan nama pengguna.

- Selanjutnya, masuk pada bagian terakhir, yakni Setting. Pilih Apply updates automatically agar dokumen yang dipublikasikan dapat langsung terindeks dan masuk dalam profil secara otomatis. Centang bagian Make my profile public agar profil dapat diakses secara umum.

- Kemudian, masuk ke akun email untuk melakukan verifikasi.

- Akun Google Scholar berhasil dibuat.

2. My Library

My Library merupakan fitur perpustakaan pribadi. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan artikel yang dicari dengan menekan ikon bintang yang terletak di bawah hasil pencarian.

3. Alert

Fitur Alert digunakan untuk mengatur notifikasi dari hasil pencarian terbaru pada kata kunci yang dituju. Layanan ini akan menyuplai artikel terbaru pada keyword yang dicari dan dikirimkan melalui email pengguna.

Cara Akses Google Scholar

Cara mengakses Google Scholar sangat mudah. Sebelum mengaksesnya, pastikan detikers terhubung dengan jaringan internet, ya! Berikut cara menggunakan Google Scholar untuk mencari jurnal ilmiah maupun artikel lainnya:

- Masuk ke laman Google Scholar di https://scholar.google.co.id/

- Ketik keyword yang ingin dicari pada kolom pencarian

- Google Scholar akan menampilkan beragam artikel berdasarkan keyword atau topik pencarian

Situs Penyedia Jurnal Gratis

Selain Google Scholar, beberapa situs juga menyediakan akses jurnal gratis. Berikut situs jurnal gratis yang dapat diakses oleh mahasiswa khususnya dan para akademisi pada umumnya:

1. e-resources.perpusnas.go.id
2. lipi.go.id
3. researchgate.net
4. doaj.org
5. cambridge.org

Selain situs di atas, biasanya pihak perguruan tinggi berlangganan dengan lembaga publikasi jurnal ilmiah. Untuk mengetahui jurnal yang dapat diakses menggunakan kode perguruan tinggi, detikers dapat menghubungi pihak perpustakaan kampus masing-masing. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Hari Bela Negara, Perpusnas RI Berharap Masyarakat Makin Kaya Literasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia