PCINU Jepang 2021-2023 Dilantik, Ada WN Jepang Aktif di Kepengurusan

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 04 Nov 2021 14:30 WIB
Pelantikan Pengurus PCINU Jepang
Foto: Dok. PCINU Jepang/PCINU Jepang 2021-2023 Dilantik, Ada WN Jepang Aktif di Kepengurusan
Jakarta - Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang untuk periode 2021-2023 resmi dilantik pada Minggu, (31/10/2021). Kepengurusan kali ini dinilai istimewa sebab ada salah seorang warga negara asli Jepang yang turut serta aktif terlibat di dalamnya.

"Kepengurusan PCINU Jepang periode 2021-2023 ini sangat istimewa karena terdapat warga asli Jepang yang menjadi pengurus PCINU Jepang," bunyi keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Kamis (4/11/2021).

"Namanya Masae Suzuki. Aktif sekali beliau," sambung rilis tersebut.

Selain itu, beberapa nama besar turut tergabung di dalam kepengurusan PCINU Jepang 2021-2023. Mereka adalah Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Atase Kehutanan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Athut KBRI) di Jepang Muhammad Zahrul Muttaqin yang duduk di jajaran Mustasyar.

Dubes RI Heri Akhmadi mengungkapkan harapannya bagi PCINU Jepang dalam kegiatan pelantikan yang digelar secara virtual tersebut. Ia berharap PCINU Jepang dapat bersinergi dengan lembaga diluar NU agar memberi kemanfaatan kepada masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Pasalnya, Heri mengaku pihak KBRI mendukung kegiatan dari PCINU Jepang, termasuk untuk kegiatan di bidang kesenian.

"Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCINU Jepang diharapkan bisa membuat kegiatan kesenian yang bisa melibatkan seluruh kelompok seni di Jepang," kata Heri.

Selain itu, Heri juga mendorong Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PCINU Jepang untuk mendukung kegiatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Ibaraki dan peningkatan pendidikan Kensushe.

Ketua Tanfidziyah PCINU Jepang Achmad Gazali dalam kesempatan yang sama, menjelaskan tema yang diusung dalam kepengurusan periode 2021-2023. Tema yang dimaksud adalah sinergi potensi nahdliyyin Jepang menyongsong satu abad NU yang ashlah.

"Tema ini diusung agar di kepengurusan baru ini, para nahdliyyin Jepang dapat saling bersinergi. Menggabungkan potensi yang satu dengan yang lain sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar untuk bangsa dan negara," kata dia.

Katib Syuriah PBNU KH Mujib Qulyubi pun mengapresiasi dukungan dan bantuan dari KBRI Tokyo dalam pelantikan dan rapat kerja pengurus baru PCINU Jepang. Ia mengajak para peserta yang hadir untuk mengenalkan Islam sebagai agama yang ramah, toleran, dan berakhlak baik di Jepang.

Untuk diketahui, acara pelantikan PCINU Jepang periode 2021-2023 digelar oleh Katib Syuriah PBNU KH Mujib Qulyubi di KBRI Tokyo secara virtual. Pelantikan ini turut dimeriahkan dengan penampilan hadroh Santri Sakura dan peragaan silat Pagar Nusa PCINU Jepang.

Simak Video "Alasan Gus Yahya Libatkan Politikus di Kepengurusan PBNU"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia