ADVERTISEMENT

Mengenal Gamelan, Instrumen Warisan Budaya yang Ada di Sunda, Jawa dan Bali

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Selasa, 02 Nov 2021 19:20 WIB
Kelompok gamelan Wirama Galih Prague yang terdiri dari warga negara Indonesia dan Ceko, sedang bersiap menghibur para pengunjung yang datang.
Foto: detik
Jakarta -

Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia, yang dimainkan dengan cara dipukul.

Fungsi gamelan biasanya dimainkan untuk mengiringi seni pertunjukan yang ada di Jawa, seperti Wayang Kulit, Wayang Wong (orang), Ketoprak, dan lain-lain. Selain itu, gamelan juga dapat dimainkan sebagai peragaan dari gamelan itu sendiri, dalam suatu pertunjukan yang disebut dengan seni karawitan.


Pertunjukan gamelan banyak dijumpai di Sunda, Jawa, dan Bali. Gamelan termasuk dalam instrumen karawitan, karena sifat dan karakternya merupakan sekelompok dari beberapa alat musik yang kebanyakan tergolong dalam jenis alat-alat musik perkusi.


Menurut e-Modul Seni Budaya Kelas X terbitan Kemendikbud yang disusun oleh Hanun Adhaninggar, dalam karawitan, instrumen disebut juga dengan ricikan gamelan, sedangkan kumpulan ricikan gamelan dinamakan seperangkat gamelan. Karawitan instrumental terdiri dari dua jenis, yaitu karawitan pakurmatan dan karawitan bonangan.


Karawitan pakurmatan merupakan sajian karawitan yang biasanya diadakan untuk keperluan upacara adat atau acara besar istana, yang tujuanya untuk sebuah penghormatan.


Mirip seperti namanya, karawitan bonangan adalah sajian karawitan yang dalam penyajianya ricikan bonang sebagai instrumen yang paling dominan, yang memiliki fungsi sebagai ucapan selamat datang atau pembuka dalam sajian klenengan.

Agus Budiman, dkk, dalam buku Seni Budaya Kelas XII terbitan Kemendikbud, menyatakan bahwa, alat musik gamelan menggunakan sistem tangga nada pentatonik/pentatonis. Terdapat beberapa simbol musik terkait dengan sistem nada pentatonik yang tumbuh dan berkembang di alat musik tradisional daerah, yakni karawitan Sunda (notasi daminatila), karawitan Jawa (notasi nada kepatihan), karawitan Bali (notasi dingdong).

Jenis Seperangkat Alat Musik Gamelan

Melansir dari buku Album Alat Musik Tradisional yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, seperangkat alat musik gamelan umumnya terdiri dari alat musik perkusi yang terbuat dari bahan perunggu seperti Saron, Kenong, Bonang, Gong.


Gamelan pelog - selendro sebagai seperangkat alat musik tradisional Jawa, banyak terbuat dari bahan perunggu, dengan tempat menaruh alat musiknya yang disebut rancakan, yang terbuat dari kayu yang diukir dan dicat.


Selain perunggu, terdapat diantaranya yang terbuat dari kayu bilah dan rancakannya yang biasa disebut Gambang.


Dalam setiap peragaan gamelan, ada kendhang yang berperan penting sebagai pengatur irama gendhing. Kendhang terbuat dari kayu utuh yang dilobangi.


Terdapat juga alat musik gesek seperti Rebab, dan alat musik yang dimainkan secara dipetik, yang pada waktu memainkannya disebut dengan Siter.



Simak Video "Mengenal Jegog, Seni Musik Tradisional Jembrana Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia