5 Tips Sukses Bangun Karier bagi Fresh Graduate

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 31 Okt 2021 08:00 WIB
Smiling young woman and man handshake. Businesspeople shaking hands. Human resources, successfully passing the interview, hr concept. Close up resume paper
Foto: Istockphoto/fizkes
Jakarta - Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi jika pekerjaan tersebut sesuai dengan yang diinginkan.


Agar bisa langsung mendapatkan pekerjaan, tentu Fresh Graduate perlu mempersiapkan berbagai hal agar bisa bersaing di dunia kerja. Tujuannya tentu agar mereka memiliki kemampuan atau skill unggul yang dibutuhkan perusahaan.


Merangkum laman Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), CEO PT. Kilang Pertamina International membagikan tips meraih sukses dalam berkarier bagi Fresh Graduate. Apa aja?


Tekuni Passion


Hal pertama yang harus disadari adalah menemukan passion. Tidak mudah memang menemukan passion, kamu cukup pahami tentang passion adalah kecenderungan atau keinginan dalam menekuni suatu bidang.


Bagi seorang fresh graduate memiliki passion penting karena akan meningkatkan performance, achievement, atau hasil-hasil yang akan dicapai.


Terus Berlatih


Setelah menemukan passion kamu tidak boleh puas begitu saja, kamu harus terus berlatih terhadap bidang yang akan ditekuni. Baik terkait cara kerja, menghadapi maupun menyelesaikan persoalan.


Selain itu, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guna memperkuat kemampuan dalam bekerja dan meningkatkan pencapaian.


Harapan atau Target


Memiliki harapan target saat bekerja cukup penting. Melalui target inilah kamu bisa memunculkan energi atau semangat untuk dapat bekerja lebih baik lagi.


Memiliki Tujuan


Selanjutnya seorang fresh graduate juga harus punya tujuan. Hal ini penting agar kamu bisa menjadi yang terbaik di bidang yang ditekuni.


Semangat CIPS


Tips terakhir dari CEO PT. Kilang Pertamina International adalah semangat CIPs. Semangat itu merupakan singkatan dari Change, Innovation, Professional, dan Speed.


Dengan semangat CIPS, kamu bisa menjadi seseorang yang terus menerima perubahan dan mengikuti dunia yang terus berubah serta berkembang begitu cepat.


Adanya inovasi juga dapat meningkatkan daya saing dan bersikap profesional. Hal ini penting dari sisi kompetensi maupun integritas.


Selain itu, memiliki kecepatan menjadi komponen yang juga perlu diperhatikan dalam bekerja. Pastikan kamu hindari kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan saat itu juga.


Terakhir, usahakan memberikan nilai atau informasi lebih saat diberikan penugasan serta memberikan perhatian terhadap lingkungan baik lingkungan kerja maupun masyarakat.


Dengan begitu, fresh graduate akan bisa bersaing berkarier di dunia kerja.

Simak Video "Jenis Pekerjaan yang Diminati di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia