Tips agar Kamu Siap Hadapi Ujian Akhir Semester

Jihaan Khoirunnisaa - detikEdu
Kamis, 28 Okt 2021 14:03 WIB
Ilustrasi Anak Belajar
Foto: Shutterstock
Jakarta - Tidak terasa, semester ganjil sebentar lagi akan berakhir. Artinya, tidak lama lagi kamu akan menghadapi ujian akhir semester (UAS) atau yang sekarang dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS)

Menjelang ujian, sudah sejauh mana persiapan yang kamu lakukan? Supaya siap menghadapi PAS tentu harus belajar serta mengulang materi yang telah disampaikan oleh guru. Dengan begitu bisa mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Selain itu, ada tips lainnya yang bisa kamu terapkan sebelum menghadapi PAS.

Buat Jadwal Belajar

Untuk membantu dalam belajar, kamu bisa membuat jadwal harian. Tulis mata pelajaran serta kapan ujian akan berlangsung. Atur alokasi jadwal tersebut untuk setiap materi yang akan diujikan. Sesuaikan porsi waktu belajarmu. Apabila materi mata pelajaran tersebut banyak dan cukup sulit, maka luangkan waktu lebih banyak untuk mempelajarinya.

Hindari Sistem SKS

Tidak sedikit siswa menunda belajar hingga mepet waktu ujian. Bahkan ada yang baru membuka buku dan mengulang pelajaran di malam sebelumnya. Padahal sistem kebut semalam atau SKS ini tidak efektif loh. Mengutip Education Corner, sistem SKS membuat siswa harus begadang. Akibatnya di hari ujian mereka malah tidak bisa fokus mengerjakan soal karena kurang tidur di malam hari.

Belajar Sesuai Kisi-kisi

Biasanya menjelang waktu ujian, beberapa guru akan membagikan kisi-kisi soal. Kisi-kisi tersebut mencakup materi yang akan diujikan serta tipe soal nanti. Nah, kamu bisa menjadikannya patokan untuk membantu dalam belajar. Misalnya, jika soal ujian akan berupa pilihan ganda, maka fokuslah untuk mengingat materi detail. Sedangkan bila soal ujian dalam bentuk essay, maka disarankan untuk tidak sekadar menghafal, melainkan memahami konsep inti atau garis besarnya. Dengan begitu kamu bisa menjabarkan jawaban dengan baik.

Buat Grup Belajar

Saat ujian kamu memang dilarang untuk bekerja sama dengan teman. Namun, tidak ada salahnya kok jika belajar bersama menjelang PAS. Dengan kata lain membuat kelompok atau grup belajar, kamu bisa meminta teman untuk mengajarkan materi yang sulit, begitu pula sebaliknya.

Atur Ruang Belajar

Yang tidak kalah penting, yaitu pastikan ruangan untuk belajar memadai. Jika belajar di dalam kamar, cek dulu apakah kamarmu memiliki cukup cahaya. Hal ini agar tidak mengganggu fokus belajar. Pastikan juga kursi dan tinggi kursi nyaman, mengingat kamu mungkin akan mempelajari materi belajar dalam waktu yang tidak sebentar. Sesuaikan suasana ruang belajar dengan kenyamanan kamu.

Perangkat Pendukung

Untuk mendukung kelancaran belajar, ASUS menghadirkan produk terbaru, yakni ASUS BR1100F. Laptop ini diperuntukkan khusus bagi siswa sekolah dengan desain yang tangguh dan inovatif sehingga awet dan tahan lama. Ketangguhan ASUS BR1100F makin diperkuat dengan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H).

Selain itu, ASUS BR1100F juga fleksibel karena dapat diputar menjadi mode tablet. Dengan begitu, kegiatan belajar jadi lebih interaktif dan mengasyikkan. Tampilan layarnya serbaguna dan dilengkapi stylus yang cocok untuk mencatat, menggambar, hingga menandai dokumen.

Guna memenuhi kebutuhan kelas online, laptop ini juga telah dibekali 2 kamera canggih dengan resolusi 13 MP yang berada di atas layar dan di atas keyboard. Kamera pada keyboard ini bakal mempermudah kamu untuk mengambil gambar pada saat kelas online berlangsung. Belajar pun jadi lebih fokus karena laptop ASUS BR1100F memiliki fitur noise cancelling yang dapat meredam kebisingan selama presentasi berlangsung.

Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan soal daya tahan baterai karena laptop ini mampu bertahan hingga 10 jam. Tidak hanya itu, ASUS turut memberikan spill-resistant keyboard sehingga dapat tetap berfungsi dan terlindungi meski bagian keyboard terkena tumpahan cairan.

Simak Video "10 Orang Ini Kasih Alasan Kenapa Teknologi ASUS OLED Worth to Have"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia