5 Tips untuk Menghadapi Penilaian Tengah Semester, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 18 Sep 2021 16:09 WIB
Hanya ada 30 dari seratusan SMA di Jakarta yang melaksanakan Ujian Nasional (UN) 2015 berbasis komputer. Salah satu sekolah favorit seperti SMA Negeri 8 Jakarta termasuk yang tak melaksanakan UN 2015 dengan Computer Base Test (CBT). Sebanyak 344 siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) secara manual di SMA Negeri 8 Jakarta.
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Penilaian Tengah Semester (PTS) akan segera dilaksanakan. Bagaimana persiapan kalian dalam menempuh PTS?

Untuk yang sudah merangkum pelajaran, baca kembali mata pelajaran yang sudah dirangkum. Merangkum memudahkan kalian untuk belajar.

Selain itu, rajin-rajinlah mengerjakan soal dari berbagai macam bahan. Tipe soal yang keluar tidak akan jauh dari yang sudah dipelajari.

Berikut ini tips untuk menghadapi penilaian tengah semester seperti yang dilansir dari Zenius:

1. Menjaga Kesehatan dan Kondisi Tubuh

Kesehatan dan kondisi tubuh yang prima merupakan bekal utama dalam menghadapi PTS. Sebelum menghadapi PTS istirahatlah dengan cukup, usahakan makan yang teratur dan minum multivitamin. Jangan lupa juga berolahraga dengan teratur, namun jangan berlebihan. Lakukan olahraga ringan namun rutin.

2. Menyiapkan Semua Perlengkapan yang Diperlukan

Pelaksanaan PTS sesuai dengan kebijakan sekolah masing-masing. Bagi detikers yang mengikuti PTS secara offline, jangan lupa siapkan semua alat tulis yang dibutuhkan, kartu peserta ujian, dan papan kertas. Simpan semua alat tulis tersebut di satu tempat dan siapkan saat malam hari menjelang ujian.

Bagi yang mengikuti secara online pastikan laptop/gawai yang diperlukan dapat berfungsi dengan baik dan jaringan internet yang baik.

3. Hadir Tepat Waktu

Dalam melaksanakan PTS, tepat waktu adalah hal wajib. Agar tidak terlambat jangan lupa memasang alarm atau mintalah bantuan keluarga untuk membangunkanmu di hari ujian.

Bagi detikers yang mengikuti PTS secara langsung jangan lupa ketahui persis lokasi ujianmu. Pastikan sedetail mungkin, mulai dari gedung, lantai, hingga ruangan dimana lokasi ujian akan dilangsungkan. Perhitungkan juga jarak rumah ke sekolah.

4. Menyiapkan Strategi Menjawab Soal

Dalam menjawab soal, detikers harus memiliki strategi yang baik. Hal tersebut diperlukan agar dapat memanfaatkan waktu dalam mengerjakan ujian sebaik-baiknya.

Jika sudah mendapatkan soal, analisalah pertanyaan yang ada. Dengan menganalisa komposisi soal tersebut, kamu akan memiliki gambaran prioritas soal yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu.

Jangan lupa kerjakan soal dari yang termudah hingga tersulit.

5. Atasi Rasa Gugup

Rasa gugup menjelang ujian merupakan hal yang wajar. Agar perasaan tersebut tidak mengganggu kalian perlu mencari cara untuk mengatasinya.

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kegugupan adalah mensimulasikan hal yang akan kamu hadapi secara berulang-ulang. Dalam hal ini, kamu bisa berlatih mengerjakan soal-soal PTS melalui platform edukasi teknologi.

Dengan membiasakan diri mengerjakan soal-soal ujian, psikologis otak dan kondisi hati menjadi tenang dan terbiasa.

Demikianlah tips untuk menghadapi PTS. Selamat menempuh PTS detikers!



Simak Video "SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Tahapan Pendaftarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia