Surat Al Waqiah Ayat 35-38: Ganjaran bagi Penghuni Surga

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 06:00 WIB
Ramadan memasuki 10 hari terakhir, sejumlah masjid pun dipenuhi warga untuk beritikaf. Seperti terlihat di Masjid Al- Azhar, Kota Bekasi.
Foto: Rengga Sancaya/Surat Al Waqiah Ayat 35-38: Ganjaran bagi Penghuni Surga
Jakarta - Surat Al Waqiah ayat 35-38 merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang memberikan informasi bagi umat muslim. Salah satunya adalah informasi terkait ganjaran bagi penghuni surga.

Surat ini merupakan surat ke-56 berdasarkan susunan mushaf Al Quran. Terdiri dari 96 ayat yang berisi tentang fiqih bersuci hingga mendeskripsikan kondisi-kondisi penghuni neraka (Ashab al-Syimal) dan penduduk surga (Ashab al-Yamin).

Adapun ayat yang menjelaskan tentang ganjaran bagi penghuni surga dapat disimak dalam ayat 35-38 berikut ini.

Surat Al Waqiah Ayat 35-38 Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

(35) إِنَّا أَنْشَأْنَاهُنَّ إِنْشَاءً
(36) فَجَعَلْنَاهُنَّ أَبْكَارًا
(37) عُرُبًا أَتْرَابًا
(38) لِأَصْحَابِ الْيَمِينِ

Bacaan latin: innā ansya`nāhunna insyā`ā, fa ja'alnāhunna abkārā, 'uruban atrābā, li`aṣ-ḥābil-yamīn

Artinya: "Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari itu) secara langsung, lalu Kami jadikan mereka perawan-perawan, yang penuh cinta (dan) sebaya umurnya, untuk golongan kanan,"

Menurut tafsir dari Al Quran Kementerian Agama (Kemenag), surat Al Waqiah ayat 35-38 menjelaskan tentang nikmat dan kebahagiaan yang diterima bagi para golongan kanan di surga. Golongan kanan yang dimaksud adalah mereka yang teguh imannya hingga selalu menaati aturan Allah dan rasulNya.

"Golongan kanan yang sebahagian besar terdiri dari umat-umat pengikut nabi dan rasul terdahulu, dan sebahagian besar lagi terdiri dari pengikut-pengikut Nabi Muhammad SAW," tulis Kemenag.

Selain itu, sesuai dengan tafsir dari Ibnu Katsir, surat Al Waqiah ayat 35-38 juga menjelaskan tentang keberadaan bidadari-bidadari yang ada di surga. Disebutkan dalam tafsir tersebut bahwa bidadari yang dimaksud adalah mereka yang meninggal dalam keadaan sudah tua renta.

"Kami (Allah SWT) kembalikan lagi mereka dalam penciptaan yang baru yang sebelumnya mereka telah tua renta, lalu menjadi perawan dan berusia muda kembali. Kembali menjadi perawan dan penuh dengan cinta serta disukai oleh suami-suami mereka karena mereka telah berubah rupa menjadi muda, cantik, dan menarik," tulis Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

Hal ini sesuai dengan salah satu sabda Rasulullah SAW, dari Al-Hasan menceritakan bahwa pernah ada seorang nenek-nenek berkata,

"Wahai Rasulullah, doakanlah kepada Allah semoga Dia memasukkan aku ke dalam surga."

Maka Rasulullah SAW menjawab, "Hai Ummu Fulan, sesungguhnya surga itu tidak akan dimasuki oleh nenek-nenek,"

Maka nenek-nenek itu pergi seraya menangis. Lalu Rasulullah kembali bersabda,

"Beritahukanlah kepadanya bahwa dia tidak dapat memasukinya dalam keadaan nenek nenek. Sesungguhnya Allah SWT telah berfirman, "Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan ciptaan yang baru, maka Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan."

Kemudian Rasulullah SAW turut membacakan surat Al Waqiah ayat 35-38 kepadanya.

Nah, itulah penjelasan mengenai isi kandungan dari surat Al Waqiah ayat 35-38 terkait ganjaran bagi penghuni surga. Semoga kita semua bisa merasakan nikmat surga yang disiapkan oleh Allah SWT ya, Sahabat Hikmah. Aamiin.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia